Implementasi pembelajaran kontekstual yang dikemas dalam model pembelajaran generatif untuk meningkatkan kemampuan membuat peta konsep topik induksi elektromagnetik mahasiswa jurusan fisika offering cc 2004/2005 / Aris Miftakhul Munir - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi pembelajaran kontekstual yang dikemas dalam model pembelajaran generatif untuk meningkatkan kemampuan membuat peta konsep topik induksi elektromagnetik mahasiswa jurusan fisika offering cc 2004/2005 / Aris Miftakhul Munir

Munir, Aris Miftakhul (2009) Implementasi pembelajaran kontekstual yang dikemas dalam model pembelajaran generatif untuk meningkatkan kemampuan membuat peta konsep topik induksi elektromagnetik mahasiswa jurusan fisika offering cc 2004/2005 / Aris Miftakhul Munir. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pemilihan metode pembelajaran menentukan kualitas pemahaman konsep pada mahasiswa. Pembelajaran kontekstual yang dikemas dalam model pembelajaran generatif menekankan kebermaknaan pembelajaran bagi mahasiswa yang artinya pengajaran yang memungkinkan mahasiswa memperkuat memperluas dan menerapkan pengetahuan dan keterampilan akademis berbagai latar sekolah dan di luar sekolah untuk memecahkan masalah di dunia nyata. Peta konsep adalah terjemahan singkat dari keseluruhan materi yang dipelajari mahasiswa di dalamnya terdapat materi pokok dan materi lain serta hubungan antara materi tersebut dalam satu periode tertentu yang diwujudkan dalam gambar 2 dimensi yang berupa konsep serta jarng-jaring antar konsep. Peta konsep merupakan instrumen yang dapat digunakan untuk mengukur kualitas pemahaman konsep induksi elektromagnetik pada mahasiswa. Melalui pembelajaran generatif diharapkan terjadi peningkatan kemampuan membuat peta konsep induksi elektromagnetik pada mahasiswa. Tujuan umum penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam membuat peta konsep fisika topik induksi elektomagnetik melalui pelaksanaan pembelajaran kontekstual yang dikemas dalam model pembelajaran generatif. Metode penelitian yang tepat yang akan digunakan adalah jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan 2 siklus. Masing-masing siklus memiliki 3 tahap yaitu perencanaan tindakan implementasi dan monitoring refleksi. Siklus 1 meliputi pokok bahasan induksi elektromagnetik pada sub pokok bahasan medan magnet disekitar arus listrik dan hukum Biot Safart. Siklus 2 meliputi pokok bahasan GGL induksi pada sub pokok bahasan induksi elektromagnetik dan transfomator. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan membuat peta konsep induksi elektromagnetik pada mahasiswa. Mahasiswa juga mengalami perubahan perilaku pada saat pelaksanaan pembelajaran (1) keaktifan mahasiswa meningkat (2) mahasiswa lebih terampil dan (3) semangat dalam mengikuti proses pembelajaran meningkat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Mar 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/17975

Actions (login required)

View Item View Item