Aribika Cristiany (2009) Penggunaan media pembelajaran animasi untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar IPA siswa SMPK Santa Maria II Malang / Aribika Cristiany. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Dari hasil observasi ditemukan bahwa proses pembelajaran di SMPK Santa Maria II Malang pada umumnya berjalan baik namun demikian beberapa siswa masih memiliki minat belajar fisika dan prestasi belajar fisika yang rendah. Diduga salah satu penyebabnya adalah masih sering diterapkannya metode ceramah dalam pembelajarannya. Selama ini dalam pembelajarannya belum pernah menggunakan media animasi kalaupun ada media yang digunakan media tersebut belum dapat menarik perhatian siswa. Oleh karena itu perlu diupayakan perbaikan untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar fisika siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat belajar dan meningkatkan prestasi belajar dengan mengoptimalkan proses belajar dengan menggunakan media animasi Rancangan penelitian yang digunakan adalah dengan pendekatan kualitatif dan berjenis penelitian tindakan kelas (PTK) tindakan yang dilakukan adalah menerapkan media pembelajaran animasi dengan penyampaian di kelas menggunakan model siklus belajar. Penelitian dilaksanakan dalam satu siklus dengan materi pembelajaran adalah kalor.Kegiatan proses pembelajaran yang digunakan adalah kegiatan eksplorasi eksplanasi ekspansi dan evaluasi. Hasil penelitian dalam pembelajaran adalah 1) Kelas yang ketika observasi awal (sebelum diberi tindakan ) terlihat gaduh dan kurang terkontrol saat diberi tindakan pertama terlihat tetap gaduh akan tetapi gaduh yang dilakukan karena minat yang ditunjukkan saat melihat animasi. 2) Dalam kegiatan tes akhir siswa lebih serius dalam melakukan pengerjaan soal. 3) Nilai rata-rata dari uji kemampuan awal dan tes akhir ada peningkatan dari 62 5 menjadi 77 5. Sedangkan hasil angket juga menunjukkan peningkatan bila pada awal penarikan angket rata rata minat siswa 67 sekarang menjadi 79. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran animasi dapat meningkatkan minat dan prestasi belajar IPA pada materi kalor siswa kelas VIIIC SMPK Santa Maria II Malang tahun pelajaran 2007/2008.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 09 Jul 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/17972 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |