Pengaruh metode drill bermedia video dalam meningkatkan keterampilan merawat diri pada anak tunagrahita di SMPLB Idayu 2 Pakis / Visca Rinanda Putri - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh metode drill bermedia video dalam meningkatkan keterampilan merawat diri pada anak tunagrahita di SMPLB Idayu 2 Pakis / Visca Rinanda Putri

Putri, Visca Rinanda (2020) Pengaruh metode drill bermedia video dalam meningkatkan keterampilan merawat diri pada anak tunagrahita di SMPLB Idayu 2 Pakis / Visca Rinanda Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Keterbatasan intelektual merupakan salah satu penyebab anak mengalami kesulitan bina diri salah satunya pada kegiatan menggosok gigi. Hal ini ditandai dengan adanya masalah bau mulut pada anak tunagrahita ringan yang akan diteliti. Jika tidak diberikan penanganan masalah ini dapat menyebabkan infeksi/penyakit mulut lainnya. Penanganan memerlukan metode yang tepat dibantu dengan media yang menyenangkan yaitu metode drill bermedia video. Penelitian ini menggunakan metode Singel Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A. Hasil penelitian menunjukkan perolehan mean level yang meningkat dari 66 6% pada kondisi Baseline-1 ke 83% pada kondisi Intervensi namun pada kondisi Baseline-2 mengalami penurunan menjadi 79 5%. Tetapi kecenderungan stabilitas pada kondisi Baseline-2 memperoleh 100% yang berarti data yang didapatkan masih dalam keadaan stabil walaupun mengalami penurunan. Perhitungan persentase overlap antar kondisi kondisi Baseline-1 ke kondisi Intervensi adalah 0%. Jadi kesimpulan dari penelitian adalah pemberian intervensi berupa metode drill bermedia video berhasil memberikan pengaruh terhadap kemampuan menggosok gigi anak tunagrahita ringan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: library UM
Date Deposited: 05 Oct 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/179715

Actions (login required)

View Item View Item