Pengembangan media Syborita (busy book bercerita) dalam meningkatkan kemampuan bercerita peserta didik tunagrahita kelas viii di SLB Idayu 2 Pakis Malang / Atma Risanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media Syborita (busy book bercerita) dalam meningkatkan kemampuan bercerita peserta didik tunagrahita kelas viii di SLB Idayu 2 Pakis Malang / Atma Risanti

Risanti, Atma (2020) Pengembangan media Syborita (busy book bercerita) dalam meningkatkan kemampuan bercerita peserta didik tunagrahita kelas viii di SLB Idayu 2 Pakis Malang / Atma Risanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Media syborita adalah sebuah media busy book yang berisikan tentang dongeng fabel atau dongeng binatang guna meningkatkan kemampuan bercerita peserta didik tunagrahita. Media ini dikembangkan sesuai dengan hasil observasi di SLB Idayu 2 Pakis Malang yaitu peserta didik tunagrahita kelas VIII memiliki kemampuan bercerita yang rendah dan media pembelajaran yang digunakan guru masih sedikit serta tidak terlalu menarik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran yang menarik dan interaktif untuk meningkatkan kemampuan bercerita peserta didik tunagrahita kelas VIII di SLB Idayu 2 Pakis Malang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau disebut juga Research and Development (R D). Prosedur penelitian mengacu pada model pengembangan Borg and Gall (1989) yang telah dimodifikasi oleh peneliti dikarenakan sedang berlangsungnya pandemi COVID-19 di Indonesia. Prosedur penelitian pengembangan ini memuat langkah-langkah yaitu 1) Pengumpulan Informasi Awal 2) Perencanaan 3) Pengembangan Desain Produk 4) Validasi Produk 5) Revisi Produk. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa media syborita valid dan dapat digunakan dalam pembelajaran peserta didik tunagrahita untuk meningkatkan kemampuan bercerita. Hal tersebut terbukti dari persentase validasi materi sebesar 98 2 % persentase validasi media sebesar 89 5 % persentase validasi praktisi sebesar 93 8 %. Dari hasil validasi oleh ahli materi ahli media dan ahli praktisi diperoleh persentase validasi gabungan sejumlah 96 8 % yang menunjukkan media syborita valid dan dapat digunakan. Saran yang diberikan untuk guru adalah guru dapat menggunakan berbagai metode pembelajaran dalam menyampaikan materi atau menceritakan dongeng binatang pada media syborita yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik tunagrahita. Saran untuk peserta didik ialah peserta didik tunagrahita dapat memanfaatkan media syborita secara berkala dengan dampingan guru untuk meningkatkan kemampuan bercerita.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Oct 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/179713

Actions (login required)

View Item View Item