Upaya peningkatan prestasi belajar sains (fisika) dan sikap ilmiah melalui pendekatan contextual teaching and learning (CTL) model inkuiri bagi siswa kelas VII-A SMP Dharma Wanita Universitas Brawijaya Malang tahun ajaran 2007/2008 / Nurhidayah - Repositori Universitas Negeri Malang

Upaya peningkatan prestasi belajar sains (fisika) dan sikap ilmiah melalui pendekatan contextual teaching and learning (CTL) model inkuiri bagi siswa kelas VII-A SMP Dharma Wanita Universitas Brawijaya Malang tahun ajaran 2007/2008 / Nurhidayah

Nurhidayah (2008) Upaya peningkatan prestasi belajar sains (fisika) dan sikap ilmiah melalui pendekatan contextual teaching and learning (CTL) model inkuiri bagi siswa kelas VII-A SMP Dharma Wanita Universitas Brawijaya Malang tahun ajaran 2007/2008 / Nurhidayah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berdasarkan hasil wawancara dengan guru fisika SMP Dharma Wanita Unibraw Malang menunjukkan bahwa selama proses pembelajaran guru hanya menggunakan metode ceramah. Hasil observasi juga menunjukkan bahwa metode eksperimen jarang dilakukan. Hal itu menyebabkan siswa hanya sebagai penerima informasi dan siswa menjadi pasif serta kurang antusias dalam mengikuti pembe-lajaran. Siswa kurang terampil dalam menggunakan alat-alat percobaan dan mela-kukan percobaan. Prestasi belajar siswa juga sangat rendah serta jumlah siswa yang tuntas belajar hanya 62 5% dari 24 siswa. Ketuntasan belajar siswa didasar-kan pada SKM yang telah ditetapkan oleh sekolah yaitu 60. Bagaimanakah pene-rapan pembelajaran kontekstual dengan model inkuiri menggunakan 4 tahapan sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar sains (fisika) dan sikap ilmiah siswa Pemilihan model pembelajaran merupakan hal yang penting untuk menen-tukan kualitas pembelajaran. Model pembelajaran yang dipilih untuk menumbuh-kan keaktifan siswa adalah pembelajaran dengan pendekatan kontekstual model inkuiri. Pendekatan kontekstual diharapkan mampu menghasilkan pembelajaran yang lebih bermakna dan siswa belajar secara alamiah melalui bekerja dan bela-jar. Berdasarkan berbagai permasalahan tersebut guru dan peneliti sepakat untuk menggunakan metode inkuiri dengan 4 tahapan yaitu pengajuan masalah pens-trukturan masalah pengajuan hipotesis dan eksperimen. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan pelaksa-naan tindakan observasi dan refleksi. Penelitian ini dilakukan di SMP Dharma Wanita Unibraw Malang dengan subyek penelitian kelas siswa VII-A. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah prestasi belajar dan kemampuan sikap ilmiah. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu tes dan pedoman observasi. Prosedur pengumpulan data penelitian ini adalah wawancara observasi doku-mentasi dan tes. Teknik analisis yang digunakan adalah reduksi data paparan data verifikasi penarikan kesimpulan dan refleksi. Ketercapaian hasil prestasi belajar dan kemampuan sikap ilmiah siswa dianalisis dengan menggunakan persentase. Hasil analisis pada siklus I dan siklus II menunjukkan prestasi belajar dan kemampuan sikap ilmiah siswa kelas VII-A SMP Dharma Wanita Unibraw Malang mengalami peningkatan. Peningkatan prestasi belajar pada siklus I dan siklus II adalah 16 6% sedangkan kemampuan sikap ilmiah diperoleh peningkatan sebesar 13 8%. Peningkatan kemampuan sikap ilmiah sudah maksimal karena disebabkan setiap aspek terjadi peningkatan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Mar 2008 04:29
Last Modified: 09 Sep 2008 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/17971

Actions (login required)

View Item View Item