Pengaruh pemanfaatan media flashcard terhadap kemampuan membaca permulaan bagi siswa tunagrahita kelas v di slb-bc dharma wanita 01 malang / Khoirun Nuroh - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pemanfaatan media flashcard terhadap kemampuan membaca permulaan bagi siswa tunagrahita kelas v di slb-bc dharma wanita 01 malang / Khoirun Nuroh

Nuroh, Khoirun Nuroh (0000) Pengaruh pemanfaatan media flashcard terhadap kemampuan membaca permulaan bagi siswa tunagrahita kelas v di slb-bc dharma wanita 01 malang / Khoirun Nuroh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nuroh Khoirun 2021. Pengaruh penggunaan media flash card terhadap kemampuan membaca permulaan bagi siswa tunagrahita kelas V di SLB-BC Dharma Wanita 01 Malang. Skripsi jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Abdul Huda M.Pd. (2) Dimas Arif Dewantoro M.Pd. Kata Kunci Tunagrahita Kemampuan membaca permulaan Media flash card Siswa tunagrahita merupakan siswa yang mengalami hambatan dan keterbelakangan perkembangan mental intelektual jauh dibawah rata-rata hal ini mengakibatkan kemampuan membaca menulis dan berhitung siswa tunagrahita rendah. Salah satu media yang dapat diterapkan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan yaitu dengan menggunakan media flash card. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendiskripsikan kemampuan membaca permulaan sebelum menggunakan media flash card (2) mendiskripsikan kemampuan membaca permulaan sesudah menggunakan media flash card (3) mendiskripsikan seberapa besar pengaruh media flash card terhadap peningkatan kemampuan membaca permulaan bagi siswa tunagrahita kelas V di SLB-BC Dharma Wanita 01 Malang. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan bentuk singel subject research (SSR) desai A-B-A. Subjek penelitian ini adalah siswa tunagrahita kelas V di SLB-BC Dharma Wanita 01 Malang. Instrumen penelitian ini berupa lembar kerja kemampuan membaca permulaan. Teknik analisis data penelitian ini adalah teknik analisis visual yang meliputi analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi. Hasil peelitian menunjukkan sebelum diberikan intervensi kemampuan membaca permulaan termasuk dalam katagori rendah yang memeiliki mean level 46 25% sedangkan sesudah diberikan intervensi mean level sebesar75 25% dan pada kondisi kontrol memiliki mean level 76 56%. Presentase overlap menunjukkan 0% yang artinya penggunaan media flash card berpengaruh positif terhadap kemampuan membaca permulaan siswa tunagrahita kelas Vdi SLB-BC Dharma Wanita 01 Malang. Kesimpulan penelitian menujukkan bahwa (1) kemampuan membaca permulaan siswa berada pada katagori rendah sebelum menggunakan media flash card (2) kemampuan membaca siswa mengalami peningkatan ketika mengguakan media flash card (3)kemampuan membaca permulaan siswa tetap stabil dan meningkat setelah menggunakan media kartu kata (4) penggunaan media kartukata berpengaruh positif terhadap kemampuan membaca permulaan siswa tunagrahita kelas V. Saran untuk guru diharapkan menggunakan media yang sesuai dengan kemampuan membaca permulaan siswa tunagrahita yaitu dengan menggunakan media flash card. Peneliti seharusnya diharapkan dapat mengembangkan penelitian dengan mengginakan media flash card pada subjek dengan karakteristik yang berbeda atau dengan target behavior yang berbeda sehingga dapat memberikan penegetahuan yang lebih luas

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Sep 0000 04:29
Last Modified: 09 Sep 0000 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/179703

Actions (login required)

View Item View Item