Penggunaan siklus belajar dengan metode eksperimen untuk meningkatkan prestasi belajar dan kerja ilmiah siswa pada pelajaran fisika kelas VIII-A SMP Dharma Wanita Brawijaya Malang / Anita Widhiastuti

Anita Widhiastuti (2010) Penggunaan siklus belajar dengan metode eksperimen untuk meningkatkan prestasi belajar dan kerja ilmiah siswa pada pelajaran fisika kelas VIII-A SMP Dharma Wanita Brawijaya Malang / Anita Widhiastuti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Mahmudah, Tsaniatul.2009. ÔÇ£Usaha Pengembangan kompetensi pedagogik dan kompetensi Profesional Guru SMK Jurusan Bisnis Manajemen Program Studi Akuntansi Di Kota dan Kabupaten Malang. Skripsi, Jurusan Akuntansi Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dra. Suparti, M.Pd (2) Sriyani Mentari, S.pd., M.M Kata Kunci: Usaha Pengembangan Pengembangan kompetensi pedagogik dan kompetensi Profesional Guru Guru merupakan komponen yang paling menentukan dalam sistem pendidikan secara keseluruhan, sehingga mereka harus mendapatkan perhatian yang utama. Guru juga sangat menentukan keberhasilan peserta didik terutama dalam kaitannyadalam proses belajar mengajar. Perbaikan kualitas pendidikan harus berpangkal dari guru dan berujung pada guru pula. Berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas) dan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Undang-Undang Guru dan Dosen (UUGD) serta peraturan pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan (SNP) dinyatakan bahwa guru adalah pendidik profesional dengan persyaratan memiliki kualifikasi akademik minimal S1 atau Diploma IV yang relevan dan menguasai kompetensi sebagai agen pembelajaran. Sebagai agen pembelajaran seorang guru harus memiliki kompetensi profesional yang dibuktikan dengan sertifikat pendidik. Program sertifikasi ini dapat ditempuh melalui portofolio dan PLPG Sertifikat guru merupakan upaya pemerintah dalam meningkatkan mutu guru sehingga pembelajaran di sekolah juga akan berkualitas. Setelah mendapatkan sertifikat diharapkan guru yang lulus melalui portofolio maupun lulus PLPG terus mengembangkan profesinya. Jenis Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Penelitian ini dilalukan di kota dan Kabupatan Malang.Teknik pengumpulan data melalui teknik dokumentasi dan wawancara. Sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif tentang usaha pengembangan kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional yang lulus sertifikasi melalui portofoli dan lulus melalui PLPG Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Guru akuntansi yang lulus sertifikasi melalui PLPG telah mengembangkan penguasaan bahan ajar dengan membaca materi sebelum menyampaikannnya kepada siswa dengan menambah literatur lain ataupun dari internet Sedangkan guru akuntansi yang lulus sertifikasi melalui,portofolio kurang mengembangkan keprofesionalanya dengan membaca buku paket sebelum menyampaikannnya kepada siswa. Guru yang lulus sertifikasi melalui portofolio kurang mengembangkan pengelolaan program belajar sedangkan guru yang lulus melalui PLPG telah mengembangkan pengelolaan program belajar. Guru yang lulus sertifikasi melalui Portofolio dan melalui PLPG dalam pengembangan profesionalnya guru selalu menguasai kondisi kelas ketika pelajaran berlangsung. Guru yang lulus sertifikasi melalui portofolio dan melalui PLPG guru telah menggunakan metode yang tepat dalam proses belajar tetapi metode yang digunakan masih konvensional tanpa ada variasi metode yang lain sebagian guru melakukan evaluasi terhadap siswa mengarah keranah kognitif dan afektif tetapi untuk guru yang lulus sertifikasi melalui PLPG evaluasi terhadap siswa sudah mengarah ke tiga ranah. Berdasarkan hasil penelitian diharapkan kepada guru akuntansi yang dinyatakan telah lulus sertifikasi melaui portofolio maupun PLPG untuk mempertakankan dan meningkatkan keprofesionalannya dalam dunia kependidikan.Sehingga tujuan sertifikasi guru untuk menentukan kelayakan guru dalam melaksanakan tugas sebagai guru pembelajaran dan meningkatkan tujuan tujuan pendidikan nasional dapat tercapai.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/17970

Actions (login required)

View Item View Item