Implementasi pembelajaran keterampilan budidaya sayuran bagi anak tunagrahita di slb c autis negeri tuban / Nurmaafah Fitriani - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi pembelajaran keterampilan budidaya sayuran bagi anak tunagrahita di slb c autis negeri tuban / Nurmaafah Fitriani

Nurmaafah Fitriani (2021) Implementasi pembelajaran keterampilan budidaya sayuran bagi anak tunagrahita di slb c autis negeri tuban / Nurmaafah Fitriani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Fitriani Nurmaafah. 2020. Implementasi Pembelajaran Keterampilan Budidaya Sayuran Bagi Anak Tunagrahita di SLB C Autis Negeri Tuban Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Biasa FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. M. Shodiq AM M.Pd (II) Eka Pramono Adi SIP M.Si. Kata Kunci Implementasi Pembelajaran Keterampilan Budidaya Sayuran Anak Tunagrahita Pembelajaran keterampilan budidaya sayuran bagi anak tunagrahita merupakan program vokasional yang dimiliki sekolah untuk mengembangkan potensi yang dimiliki siswa dalam bidang pertanian. Pembelajaran ini mempunyai tujuan diantaranya menanamkan nilai-nilai karakter pada anak mengajarkan anak peduli terhadap lingkungan menanamkan rasa percaya diri melatih anak bersosialisasi dan bertanggungjawab serta yang terutama yaitu memberikan pengalaman praktis pada anak berupa keterampilan dibidang pertanian budidaya sayuran sebagai bekal berwirausaha secara mandiri bagi yang mampu di kemudian hari. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran keterampilan budidaya sayuran bagi anak tunagrahita hambatan dalam implementasi pembelajaran keterampilan budidaya sayuran bagi anak tunagrahita dan upaya menangani hambatan dalam implementasi pembelajaran keterampilan budidaya sayuran bagi anak tunagrahita. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang dilaksanakan di SLB C Autis Negeri Tuban. Sumber data menggunakan data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara observasi dan dokumentasi. Analisis data melalui tahapan reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran keterampilan budidaya sayuran bagi anak tunagrahita di SLB C Autis Negeri Tuban merupakan pembelajaran yang berbasis proyek pelaksanaannya sudah berjalan dengan baik dan telah disesuaikan dengan kemampuan siswa. Hambatan dalam implementasi pembelajaran keterampilan budidaya sayuran yaitu ketersediaan air di awal penerapan praktek pembelajaran yang terbatas siswa yang masih kurang mampu melaksanakan praktek mandiri siswa yang masih suka bermain sendiri praktek pembelajaran di sekolah yang terhambat pandemi covid-19 dan kegagalan saat pembibitan. Upaya menangani hambatan implementasi pembelajaran keterampilan budidaya sayuran oleh guru dan sekolah sudah cukup efektif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Oct 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/179698

Actions (login required)

View Item View Item