Pengaruh media edutainment thematic map terhadap kemampuan berhitung pengurangan pada peserta didik kelas ii sdlb b yptb kota malang / Ela Yuliani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh media edutainment thematic map terhadap kemampuan berhitung pengurangan pada peserta didik kelas ii sdlb b yptb kota malang / Ela Yuliani

Yuliani, Ela Yuliani (2021) Pengaruh media edutainment thematic map terhadap kemampuan berhitung pengurangan pada peserta didik kelas ii sdlb b yptb kota malang / Ela Yuliani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Yuliani Ela. 2021. Pengaruh Media Edutainment Thematic Map Terhadap Kemampuan Kemampuan Berhitung Pengurangan pada Peserta Didik Kelas II di SDLB-B YPTB Kota Malang Skripsi Jurusan Pendiidkan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Wiwik Dwi Hastuti S.Pd M.Pd (II) Drs. Usep Kustiawan M.Sn Kata Kunci Media Edutainment Thematic Map Kemampuan Berhitung Pengurangan Tunarungu Anak tunarungu ialah anak yang mengalami kehilangan kemampuan mendengar baik sebagian atau seluruhnya yang diakibatkan kerusakan fungsi pendengaran baik sebagian atau seluruhnya yang mengakibatkan ketidakmampuan menggunakan indera pendengarannya dalam kehidupan sehari-hari yang membawa dampak kompleks terhadap kehidupannya. Hambatan tersebut mengakibatkan ketidakmampuan mereka dalam berkompetisi dengan anak normal sehingga mereka tertinggal khususnya dalam kegiatan pembelajaran. Pada pembelajaran yang bersifat abstrak seperti matematika anak tunarungu membutuhkan media yang konkrit agar mempermudah dalam memahami dan mengingat materi pelajaran. Anak tunarungu di SDLB-B YPTB kesulitan untuk melakukan operasi hitung pengurangan. Melihat kondisi yang demikian peneliti menawarkan solusi dengan penggunaan media edutainment thematic map. Media edutainment thematic map merupakan media pembelajaran permainan edukasi yang melibatkan peserta didik secara langsung dan memiliki visual yang menarik. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh media edutainment thematic map terhadap kemampuan berhitung peserta didik kelas II SDLB-B YPTB. Penelitian ini menggunakan metode quasi experiment dengan desain penelitian one group pre-test and post-test. Penelitian ini menggunakan subjek sebanyak 5 siswa kelas II SDLB-B YPTB. Instrumen penelitian berupa 10 soal tes tulis yang digunakan dalam pengujian kemampuan berhitung siswa sebelum diberikan perlakuan (pre test) dan juga setelah siswa diberikan perlakuan (post test). Analisis data menggunakan uji gain score adapun data yang dianalisis yakni data yang diperoleh dari pre-test dan post-test. Hasil perhitungan yang diperoleh dengan menggunakan uji gain score ialah 0 72 yang termasuk dalam kategori high sedangkan hasil selisih nilai rata-rat yang diperoleh ketika pre test dan post test yakni 50. Artinya ada perbedaan kemampuan berhitung pengurangan siswa sebelum diberikan treatment (pre-test) dan setelah diberikan treatment (post-test) berupa peningkatan hasil belajar siswa dengan kategori tinggi dibuktikan dengan nilai gain score 0.70 lt g lt 1.00 atau 0 07 lt 0 72 ge 1.00. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ldquo ada pengaruh penggunaan media edutainment thematic map terhadap kemampuan berhitung pengurangan pada peserta didik kelas II di SDLB B YPTB Kota Malang rdquo . Adapun saran yang dapat diberikan oleh peneliti ialah (1) hasil penelitian ini dapat dimanfaatkan oleh peneliti maupun guru di sekolah untuk menerapkan media edutainment thematic map dalam pembelajaran mengenai konsep pengurangan dan melakukan kegiatan berhitung pengurangan. (2) dapat digunakan dalam penelitian selanjutnya untuk mengembangkan media edutainment thematic map pada jenjang kelas lainnya dengan menggunakan bilangan asli yang lebih besar serta digunakan bagi siswa dengan jenis ketunaan atau hambatan lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Oct 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/179697

Actions (login required)

View Item View Item