Pengaruh implementasi paket IPA terpadu berbasis konstruktivisme dengan tema pemanasan global terhadap kompetensi IPA siswa kelas IX MTs Negeri 1 Lawang Kabupaten Malang semester II tahun ajaran 2010/2011 / Nuraini Afif - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh implementasi paket IPA terpadu berbasis konstruktivisme dengan tema pemanasan global terhadap kompetensi IPA siswa kelas IX MTs Negeri 1 Lawang Kabupaten Malang semester II tahun ajaran 2010/2011 / Nuraini Afif

Afif, Nuraini (2011) Pengaruh implementasi paket IPA terpadu berbasis konstruktivisme dengan tema pemanasan global terhadap kompetensi IPA siswa kelas IX MTs Negeri 1 Lawang Kabupaten Malang semester II tahun ajaran 2010/2011 / Nuraini Afif. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci implementasi paket IPA Terpadu konstruktivisme kompetensi IPA Pada tahun 2010 dikembangkan paket IPA Terpadu yang berbasis konstruktivisme disertai panduan pelaksaaan pembelajarannya dengan berbagai tema salah satunya adalah tema pemanasan global yang disusun oleh Haris Mahmudi dan Ika Wahyu Winingtyas. Paket IPA Terpadu tersebut telah diuji kelayakannya oleh dosen dan guru serta uji keterbacaan buku panduan oleh siswa SMP dan telah dinyatakan valid tetapi belum diuji secara empirik untuk mengetahui pengaruhnya terhadap kompetensi IPA siswa. Oleh karena itu untuk mengetahui pengaruhnya dilakukan penelitian implementasi paket IPA Terpadu berbasis konstruktivisme dengan tema Pemanasan Global. Profil kompetensi IPA dalam penelitian ini adalah prestasi belajar kerja ilmiah dan sikap ilmiah. Metode penelitian ini adalah Quasy Experimentdengan rancangan Pretest Posttest Control Group Design.Penelitian dilaksanakan pada semester II tahun ajaran 2010/2011 yaitu bulan Januari sampai Pebruaritahun 2011 dengan pengambilan sampel dilakukan secara random assignment pada kelas IX dan diperoleh hasil siswa kelas IX E sebagai kelas eksperimen diberi perlakuan penerapan paket IPA Terpadu berbasis konstruktivisme dengan tema Pemanasan Global dan IX B sebagai kelas kontrol yang pembelajarannya secara konvensional menggunakan metode ceramah dan diskusi sertamenggunakan paket IPA dan LKS MGMP yang disediakan oleh sekolah. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen pengukuran kompetensi IPA yang terdiri dari instrumen prestasi belajar kerja ilmiah dan sikap ilmiah yang telah diuji reliabilitasnya. Instrumen prestasi belajar berupa tes obyektif reliabilitasnya sebesar 0 545 dengan kriteria cukup instrumen kerja ilmiah berupa tes subyektif reliabilitasnya sebesar 0 565dengan kriteria cukup dan instrumen sikap ilmiah berupa inventori reliabilitasnya sebesar 0 802 dengan kriteria tinggi. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikanpre testsebelum siswa diberi perlakuan dan post test setelah siswa diberi perlakuan. Hasil penelitian menggunakan uji U Mann-Whitney satu ekor menunjukkan bahwa kompetensi IPA yang terdiri dari prestasi belajar kerja ilmiah dan sikap ilmiah siswa kelas eksperimen yang mendapat pembelajaran menggunakan paket IPA Terpadu lebih baik dari siswa kelas kontrol yang tidak menggunakan paket IPA Terpadu. Oleh karena itu dengan terbuktinya bahwa kompetensi IPA siswa menjadi lebih baik dengan adanya IPA Terpadu disarankan agar penerapan paket IPA Terpadu dapat dilaksanakan di sekolah SMP khususnya MTsN 1 Lawang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 22 Jun 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/17968

Actions (login required)

View Item View Item