Identifikasi faktor penyebab kegagalan dalam menempuh matakuliah fisika dasar I mahasiswa Jurusan Fisika FMIPA UM angkatan 2004 dan 2005 / Wahyu Hendra W. - Repositori Universitas Negeri Malang

Identifikasi faktor penyebab kegagalan dalam menempuh matakuliah fisika dasar I mahasiswa Jurusan Fisika FMIPA UM angkatan 2004 dan 2005 / Wahyu Hendra W.

Wahyu Hendra W. (2009) Identifikasi faktor penyebab kegagalan dalam menempuh matakuliah fisika dasar I mahasiswa Jurusan Fisika FMIPA UM angkatan 2004 dan 2005 / Wahyu Hendra W. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berdasarkan DNA mahasiswa lebih dari 25% mahasiswa Jurusan Fisika angkatan tahun 2003/2004 sampai 2005/2006 yang menempuh matakuliah Fisika Dasar I mengalami kegagalan dengan memperoleh nilai D atau. Jumlah ini semakin meningkat setiap tahunnya. Matakuliah Fisika Dasar I memberikan pemahaman konsep dasar fisika sebagai dasar dalam menempuh matakuliah selanjutnya yang lebih komplek. Jika konsep dasar tidak dikuasai dengan baik oleh mahasiswa fisika maka mereka akan mengalami kesulitan dalam mempelajari materi lebih lanjut. Informasi mengenai faktor penyebab kegagalan sangat diperlukan dalam perumusan strategi pembelajaran yang efektif dan efisien untuk penyelesaikan permasalahan tersebut. Penelitian ini mengarah pada jenis penelitian diskriptif-kuantitatif. Data penelitian diperoleh melalui pendekatan surve. Tahapan-tahapan yang dilakukan adalah perencanaan pengembangan dan aplikasi rencana sampling pembuatan jadwal wawancara dan penyebaran angket pengumpulan data penterjemahan data analisis data membuat kesimpulan dan membuat laporan hasil penelitian. Penarikan sampel dilakukan dengan metode purposive sample. Jumlah anggota populasi sebanyak 79 mahasiswa dan sampel pada penelitian ini sebanyak 44 mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor utama penyebab kegagalan mahasiswa Jurusan Fisika FMIPA UM angkatan 2004 dan 2005 adalah intelektual yang kurang baik manajemen waktu yang buruk suasana perkuliahan yang tidak sesuai dengan diri mahasiswa kejiwaan yang kurang stabil adanya ketidakcocokan dengan dosen dan suasana tempat belajar pribadi yang tidak kondusif. Berdasarkan hasil penelitian disarankan agar pihak pengelola dosen dan mahasiswa melakukan koordinasi untuk menanggulangi kegagalan mahasiswa di masa yang akan datang. Penelitian lebih lanjut mengenai metode pembelajaran yang efektif juga harus dilaksanakan dengan memperhatikan informasi faktor penyebab kegagalan. Agar mahasiswa yang akan menempuh matakuliah Fisika Dasar I dapat mempersiapkan diri dengan baik hendaknya informasi mengenai kegagalan mahasiswa pada tahun sebelumnya diberikan di awal perkuliahan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/17966

Actions (login required)

View Item View Item