Hubungan antara jumlah butir soal tes dengan jumlah butir yang memenuhi syarat taraf kesukaran dan daya beda dari hasil belajar fisika di kelas X SMA Laboratorium UM / Enny Kusumawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara jumlah butir soal tes dengan jumlah butir yang memenuhi syarat taraf kesukaran dan daya beda dari hasil belajar fisika di kelas X SMA Laboratorium UM / Enny Kusumawati

Enny Kusumawati (2009) Hubungan antara jumlah butir soal tes dengan jumlah butir yang memenuhi syarat taraf kesukaran dan daya beda dari hasil belajar fisika di kelas X SMA Laboratorium UM / Enny Kusumawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sebagai syarat soal yang baik salah satunya harus memiliki taraf kesukaran dan daya pembeda yang baik sehingga soal tidak melebihi ukuran kemampuan siswa tidak terlalu mudah serta dapat membedakan siswa berkemampuan pandai dengan siswa berkemampuan rendah (Suharsimi 1983 64). Menurut teori modern soal dapat menginformasikan kemampuan siswa dengan baik bila butir soalnya banyak dan setiap butirnya memiliki taraf kesukaran dan daya beda soal yang tinggi. Permasalahan di lapangan adalah apakah jumlah soal yang cenderung banyak juga memiliki taraf kesukaran dan daya beda yang tinggi pada setiap butirnya jika semakin banyak soal ternyata muatan butir soal tidak memiliki taraf kesukaran dan daya beda yang baik maka soal akan sia-sia. Untuk itu dalam penelitian ini dilakukan eksperimen dengan memberikan soal tes obyektif sebanyak 30 butir dan akan dianalisis taraf kesukaran dan daya pembedanya pada variasi jumlah soal setiap kelipatan 5 butir. Setelah didapatkan data berupa banyaknya butir soal yang memenuhi syarat taraf kesukaran dan daya beda yang baik kemudian dibuat diagram pencar dan dilakukan pendekatan grafik secara eksponen linier dan logarithmic akan didapatkan garis terbaik untuk dianalisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan jumlah butir yang memenuhi syarat pada variasi jumlah soal tes sangat sedikit. Jumlah soal yang tidak memenuhi syarat juga semakin banyak bahkan proporsinya lebih besar. Analisis secara visual juga menunjukkan kemiringan ataupun kelengkuangan grafik yang sangat landai yang berarti peningkatan jumlah butir soal yang memenuhi syarat sangat lamban. Dari penelitian kali ini disarankan untuk menambah kajian pustaka yang mendasari permasalahan serta pemecahan masalahnya sehingga wawasan pemecahan masalah lebih luas dan hasil lebih memuaskan. Soal sebanyak 30 butir sebaiknya diujikan pada sampel berukuran 500 siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/17965

Actions (login required)

View Item View Item