Penerapan penilaian portofolio untuk memonitor kemajuan belajar dan meningkatkan prestasi belajar fisika siswa kelas X-3 SMA Negeri 4 Malang tahun ajaran 2006/2007 / Sunarti - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan penilaian portofolio untuk memonitor kemajuan belajar dan meningkatkan prestasi belajar fisika siswa kelas X-3 SMA Negeri 4 Malang tahun ajaran 2006/2007 / Sunarti

Sunarti (2009) Penerapan penilaian portofolio untuk memonitor kemajuan belajar dan meningkatkan prestasi belajar fisika siswa kelas X-3 SMA Negeri 4 Malang tahun ajaran 2006/2007 / Sunarti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berdasarkan hasil wawancara dengan guru mata pelajaran fisika kelas X SMA Negeri 4 Malang diperoleh informasi bahwa sistem penilaian yang dikembangkan selama ini masih menekankan pada tes. Dengan sistem penilaian ini prestasi belajar siswa masih rendah dan ketuntasan belajar siswa hanya 67% dari 46 siswa. Penilaian portofolio merupakan salah satu bentuk penilaian kelas belum pernah dilaksanakan. Penilaian portofolio adalah penilaian secara berkelanjutan yang dilakukan dengan memberikan tugas portofolio kepada siswa di setiap pertemuan untuk dikumpulkan pada waktu yang telah ditentukan. Tugas-tugas tersebut dijadikan bukti hasil belajar siswa dan digunakan untuk memonitor kemajuan belajar siswa. Kemajuan belajar siswa diharapkan mengalami peningkatan dari waktu ke waktu sehingga dapat meningkatkan prestasi siswa. Dalam penelitian ini kemajuan belajar siswa dimonitor dari nilai rata-rata kelas setiap tugas portofolio dalam setiap tahap penelitian dan prestasi belajar diukur dari persentase ketuntasan belajar siswa berdasarkan tes yang diberikan di akhir setiap tahap penelitian. Dalam penelitian ini peneliti juga ingin mengetahui respon siswa terhadap penilaian portofolio dalam pembelajaran fisika. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dan analisisnya dilakukan dengan mendeskripsikan hasil penelitian yaitu mengenai kemajuan belajar siswa dan prestasi belajar siswa. Hasil analisis pada tahap I adalah kemajuan belajar siswa berdasarkan nilai rata-rata kelas untuk jurnal belajar sudah dapat tercapai. Namun kemajuan belajar siswa berdasarkan nilai rata-rata kelas untuk PR belum tercapai. Pada tahap II kemajuan belajar siswa berdasarkan nilai rata-rata kelas untuk jurnal belajar dan PR sudah tercapai di tahap II. Dan kemajuan belajar berdasarkan nilai rata-rata kelas berdasarkan nilai rata-rata kelas untuk LKS dapat tercapai di dari tahap I ke tahap II. Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan penilaian portofolio dalam pembelajaran mampu memonitor kemajuan belajar siswa dan dapat meningkatkan prestasi belajarnya. Respon siswa terhadap penilaian portofolio adalah positif karena siswa merasa senang dengan sistem penilain yang memberikan kesempatan untuk memperbaiki tugas yang telah diberikan sehinga memotivasi siswa untuk memperbikinya guna mendapatkan nilai yang

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/17964

Actions (login required)

View Item View Item