Penerapan pembelajaran model advance organizer untuk meningkatkan prestasi belajar dan minat belajar fisika siswa kelas X-6 SMA Negeri 3 Jombang tahun ajaran 2006/2007 / Trias Romadhani - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran model advance organizer untuk meningkatkan prestasi belajar dan minat belajar fisika siswa kelas X-6 SMA Negeri 3 Jombang tahun ajaran 2006/2007 / Trias Romadhani

Trias Romadhani (2009) Penerapan pembelajaran model advance organizer untuk meningkatkan prestasi belajar dan minat belajar fisika siswa kelas X-6 SMA Negeri 3 Jombang tahun ajaran 2006/2007 / Trias Romadhani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berdasarkan observasi awal terhadap proses pembelajaran fisika di kelas X-6 SMA Negeri 3 Jombang diperoleh hasil bahwa dalam kelas tersebut terdapat suatu permasalahan dengan prestasi dan minat belajar fisika siswa. Guru menya-takan bahwa siswa kesulitan dalam menghubungkan konsep-konsep dan rendah-nya tingkat pemahaman konsep dalam fisika sehingga berdampak pada rendahnya prestasi belajar fisika. Adanya kebosanan siswa terhadap pembelajaran konven-sional yang disajikan guru membuat siswa kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran sehingga berdampak pada rendahnya minat belajar fisika. Oleh karena itu diupayakan perubahan dengan menerapkan suatu model pembelajaran yaitu model Advance Organizer. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi dan minat belajar fisika siswa dengan menerapkan pembelajaran model Advance Organizer. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang meliputi 4 komponen yakni perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. PTK ini dilaksanakan dalam dua siklus. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-6 SMA Negeri 3 Jombang tahun ajaran 2006/2007. Alat pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi tahapan pembelajaran lembar observasi minat belajar Postest dan catatan lapangan sebagai data pendukung. Analisis data dilakukan setiap kali tindakan dalam satu siklus berakhir. Prestasi minat dan ketercapaian pembelajaran dianalisis dengan menggunakan persentase. Proses analisis data menghasilkan prestasi belajar mengalami peningkatan yaitu dari siklus I ke siklus II sebesar 9.3% dan pencapaiannya dikategorikan baik. Minat belajar pada tiap komponen minat mengalami peningkatan yaitu (1) kesiapan sebelum pembelajaran dari siklus I ke siklus II sebesar 9.7% (2) kerjasama dalam kelompok dari siklus I ke siklus II sebesar 2.4% (3) keaktifan dalam diskusi dari siklus I ke siklus II sebesar 13.9% (4) keaktifan mengajukan pertanyaan dari siklus I ke siklus II sebesar 7% (5) keaktifan menjawab pertanyaan dari siklus I ke siklus II sebesar 2.8% (6) keaktifan memberikan komentar dari siklus I ke siklus II sebesar 0.3%. Berdasarkan hasil tersebut diperoleh kesimpulan bahwa model Advance Organizer dapat meningkatkan prestasi dan minat belajar fisika siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jan 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/17963

Actions (login required)

View Item View Item