Iska Yuli Setyo Kuntari (2009) Pembuatan media pembelajaran fisika berbasis multimedia animasi pokok bahasan fluida statis untuk siswa SMA kelas XI-IPA / Iska Yuli Setyo Kuntari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Adanya beberapa permasalahan dalam pembelajaran fisika menyebabkan prestasi belajar fisika siswa masih rendah. Banyak materi-materi yang sulit dipahami oleh siswa karena proses belajar mengajar di sekolah hanya menggunakan metode ceramah tanpa menggunakan media pembelajaran. Proses belajar mengajar fisika dengan menggunakan metode ceramah tanpa media pembelajaran ini juga mengakibatkan komunikasi antara guru dengan siswa terhambat. Siswa cepat bosan belajar dan merasa kesulitan memahami konsep fisika yang sifatnya abstrak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran fisika berbasis multimedia animasi pokok bahasan fluida statis dengan harapan media pembelajaran ini dapat digunakan oleh guru dan siswa. Selanjutnya media pembelajaran yang dikembangkan diharapkan juga dapat menampilkan konsep-konsep fisika yang abstrak menjadi nyata dengan visualisasi statis maupun dengan visualisasi dinamis (animasi). Selain dapat membuat suatu konsep lebih menarik media ini dikembangkan agar dapat meningkatkan motivasi siswa untuk mempelajari dan menguasai pelajaran fisika khususnya materi fluida statis. Desain pengembangan produk media pembelajaran fisika berbasis multimedia animasi memanfaatkan modifikasi dari langkah-langkah penelitian dan pengembangan yang diungkapkan oleh Borg dan Gall (1989)(dalam Sukmadinata 2007 169). Langkah-langkah penelitian dan pengembangan produk media pembelajaran yang dilakukan oleh peneliti hanya sampai pada uji coba terbatas. Hal ini karena keterbatasan waktu untuk melakukan penelitian dan pengembangan lebih lanjut. Berdasarkan uji coba terbatas produk media pembelajaran terhadap ahli materi ahli media dan audien didapat persentase evaluasi uji coba terbatas lebih besar dari 60%. Berdasarkan kriteria evaluasi uji coba terbatas yang telah ditetapkan maka media ini secara keseluruhan baik dan kemudian dapat dilakukan penelitian dan pengembangan lebih lanjut. Produk dari penelitian dan pengembangan ini berupa media pembelajaran fisika berbasis multimedia animasi pokok bahasan fluida statis untuk siswa SMA kelas XI. Produk dikemas dalam bentuk CD yang hanya bisa dijalankan dengan komputer. CD ini dilengkapi dengan autorun sehingga ketika CD pembelajaran masuk ke CD Room komputer program media akan otomatis tampil pada layar. Kepada pemakai produk media pembelajaran ini peneliti menyarankan untuk melanjutkan penelitian dan pengembangan ke tahap uji coba lebih luas dan tahap validasi sehingga media pembelajaran ini menjadi produk yang teruji.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 15 Jan 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/17962 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |