Upaya peningkatan motivasi dan prestasi belajar fisika dengan model pembelajaran kooperatif TGT (Teams-Games-Tournament) siswa kelas XI di MAN Tulungagung 2 / Soumi Romdiyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Upaya peningkatan motivasi dan prestasi belajar fisika dengan model pembelajaran kooperatif TGT (Teams-Games-Tournament) siswa kelas XI di MAN Tulungagung 2 / Soumi Romdiyah

Soumi Romdiyah (2009) Upaya peningkatan motivasi dan prestasi belajar fisika dengan model pembelajaran kooperatif TGT (Teams-Games-Tournament) siswa kelas XI di MAN Tulungagung 2 / Soumi Romdiyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Selama ini masih banyak keluhan tentang siswa yang kurang mandiri kurang menghargai pendapat orang lain siswa kurang bekerjasama atau membantu teman dan siswa sulit untuk mengungkapkan pendapat seperti halnya yang terjadi pada siswa di MAN Tulungagung 2. Pembelajaran yang dilakukan di MAN Tulungagung 2 selama ini masih bersifat konvensional guru masih menggunakan metode ceramah sehingga siswa hanya mendengarkan dan menjawab kalau ditanya. Di sini siswa kurang diberi kebebasan untuk mengembangkan wawasan dan pendapat mereka selain itu siswa juga masih sering terlambat dalam mengikuti pelajaran kesiapan siswa juga masih kurang ketika belajar. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Kegiatan pembelajaran dengan menggunakan dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari kegiatan perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Untuk memperoleh data yang dibutuhkan maka dilakukan pengembangan instrumen. Instrumen yang digunakan adalah berupa perangkat pembelajaran lembar observasi keterlaksanaan TGT lembar observasi motivasi belajar angket motivasi belajar dan instrument prestasi belajar berupa soal pretes dan postes. Pengambilan data dilakukan dengan observasi wawancara angket dan tes yang nantinya data tersebut diolah dan didiskripsikan. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1 karena disamping motivasi untuk belajar rendah prestasi yang diperoleh juga rendah dibandingkan dengan kelas yang lain. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa adalah dengan menggunakan model kooperatif TGT (Teams-Games- Tournament). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model TGT dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas XI IPA 1 MAN Tulungagung 2. Hal itu dapat dilihat dari hasil skor rata-rata motivasi belajar hasil observasi 65 1% menjadi 75 6% dan dari hasil angket 64 0% menjadi 73 4% sedangkan prestasi belajar siswa juga mengalami peningkatan kemampuan awal siswa sebesar 7 2 meningkat menjadi 7 7.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Jan 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/17961

Actions (login required)

View Item View Item