Luluk Kurnia Wati (2009) Hubungan taraf kesukaran dan daya beda terhadap jumlah peserta tes pada alat evaluasi pembelajaran fisika di SMA Negeri 7 Malang / Luluk Kurnia Wati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Teori tes modern adalah teori tes yang dikembangkan untuk meningkatkan ketelitian hasil pengujian. Model matematis teori respon butir menyatakan bahwa probabilitas subyek menjawab benar terhadap butir soal tertentu bergantung pada kemampuan subyek dan karakteristik butir soal yang bersangkutan. Karakteristik butir soal ditunjukkan oleh parameter kemampuan yang digunakan yaitu taraf ke-sukaran dan daya beda. Untuk mengetahui sejauh mana keterterapan teori respon butir maka perlu diadakan pengujian terhadap parameter kemampuan yang digu-nakan dalam teori respon tersebut. Pengujian dilakukan untuk mengetahui hubu-ngan taraf kesukaran dan daya beda terhadap jumlah peserta tes. Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif korelasional. Populasi penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri 7 Malang tahun ajaran 2006/2007 yang terdiri dari 7 kelas yang berjumlah 245 siswa. Dari seluruh kelas diambil secara acak empat kelas sebagai sampel pe-nelitian yang berjumlah 151 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes objektif tentang materi alat-alat optik ( mata kaca mata mikroskop dan teropong ). Ana-lisis hasil penelitian menggunakan analisis butir soal ditinjau dari taraf kesukaran dan daya beda yang kemudian dicari hubungan antara taraf kesukaran dan daya beda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 15 butir soal yang diujikan ke-pada 35 74 113 dan 151 peserta tes terdapat 3 5 6 dan 6 jumlah butir soal yang memenuhi kriteria cukup dan baik pada taraf kesukaran. Selain itu dari 35 74 113 dan 151 peserta tes terdapat 3 4 6 dan 7 jumlah butir soal yang memenuhi kriteria cukup dan baik pada daya beda. Sedangkan dari 35 74 113 dan 151 pe-serta tes terdapat 2 3 5 dan 6 jumlah butir soal yang memenuhi kriteria cukup dan baik pada taraf kesukaran dan daya beda. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa semakin banyak jumlah peserta tes maka akan semakin banyak jumlah butir soal yang memenuhi kriteria cukup dan baik pada taraf kesukaran jumlah butir soal yang memenuhi kriteria cukup dan baik pada daya beda jumlah butir soal yang memenuhi kriteria cukup dan baik pada taraf kesukaran dan daya beda
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 12 Jun 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/17960 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |