Khoiriyah (2009) Penggunaan modul fisika model siklus belajar 5e untuk meningkatkan kerja ilmiah dan motivasi belajar siswa kelas VII-B SMP Laboratorium UM / Khoiriyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Proses pembelajaran pada pelajaran Fisika di kelas VII-B SMP Laboratorium UM siswa sudah menggunakan modul hanya saja modul yang digunakan kurang manarik sehingga siswa kurang bersemangat untuk mempelajarinya karena lebih menekankan pada kemampuan kognitif siswa. Pada saat percobaan siswa kurang mengerti cara melakukan percobaan. Keadaan ini menyebabkan guru kesulitan menghadapi siswa yang semakin banyak bertanya.Berdasarkan berbagai permasalahan tersebut guru dan peneliti sepakat untuk menggunakan modul fisika model Siklus Belajar 5E pada pokok bahasan Zat dan Wujudnya. Modul Fisika Model Siklus Belajar 5E berbeda dengan modul yang telah digunakan sebelumnya. Modul tersebut terbagi atas 5 tahap yaitu engagement (pendahuluan) exploration (eksplorasi) explanation (penjelasan) elaboration (elaborasi) evaluation (evaluasi). Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa SMP Laboratorium UM kelas VII-B yang berjumlah 39 siswa. Peneliti dan guru bertindak sebagai peneliti/observer. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi tahapan pembelajaran lembar observasi kerja ilmiah siswa dan angket motivasi belajar siswa. Teknik analisis yang digunakan pada keterlaksanaan dan ketercapaian tahapan pembelajaran kerja ilmiah siswa dan motivasi belajar siswa menggunakan persentase. Hasil penelitian penggunaan Modul Fisika Model Siklus Belajar 5E rata-rata keterlaksanaan 100% dan ketercapaian 92.38% semua aspek dalam tahapan pembelajaran dalam siklus belajar dilakukan secara optimal. Kerja ilmiah siswa menunjukkan adanya peningkatan siswa sudah mulai aktif dalam kegiatan percobaan pengoperasian alat dapat dilakukan dengan baik dapat menuliskan data hasil percobaan dengan benar sampai pada pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan pada rata-rata kerja ilmiah siswa siklus I dari 68 75% menjadi 73 71% dan pada siklus II dari 82 85% menjadi 89 74%. Selain itu motivasi belajar siswa juga meningkat pada setiap indikatornya. Perhatian siswa terhadap pelajaran yang semakin baik tugas-tugas diselesaikan tepat waktu percaya diri yang tinggi saat menjawab pertanyaan yang diajukan oleh guru karena persiapan yang lebih sebelum pelajaran dimulai kepuasan setiap selesai mengikuti pelajaran dan setiap selesai tes.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 12 Jun 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/17959 |
Actions (login required)
View Item |