Implementasi model siklus belajar 4E dalam pembelajaran fisika untuk meningkatkan prestasi belajar fisika siswa kelas XI IPA 5 semester II SMAN 3 Malang tahun pelajaran 2006/2007 / Okta Brillianta KS - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi model siklus belajar 4E dalam pembelajaran fisika untuk meningkatkan prestasi belajar fisika siswa kelas XI IPA 5 semester II SMAN 3 Malang tahun pelajaran 2006/2007 / Okta Brillianta KS

Okta Brillianta KS (2009) Implementasi model siklus belajar 4E dalam pembelajaran fisika untuk meningkatkan prestasi belajar fisika siswa kelas XI IPA 5 semester II SMAN 3 Malang tahun pelajaran 2006/2007 / Okta Brillianta KS. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berdasar hasil observasi proses pembelajaran fisika di SMAN 3 Malang kelas XI IPA 5 sudah terlihat berjalan bagus akan tetapi siswa belajar fisika yang rendah dari kelas lainnya dengan nilai rata-rata kelas untuk pelajaran fisika masih dibawah 75. Hal tersebut akibat masih dominan diterapkannya metode ceramah dalam pembelajaran dan melakukan praktikum hanya untuk sekedar mengisi nilai praktikum tanpa melihat kerja ilmiah yang dilatihkan. Oleh karena itu perlu diupayakan perbaikan untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar fisika siswa. Rancangan penelitian yang digunakan adalah dengan pendekatan kualitatif dan berjenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan memberikan tindakan berupa model siklus belajar. Penelitian ini mendeskripsikan proses pembelajaran meningkatkan minat dan prestasi belajar fisika siswa. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus dengan materi pembelajaran dalam siklus I adalah dinamika rotasi sedangkan siklus II adalah fluida.Kegiatan proses pembelajaran yang digunakan adalah kegiatan eksplorasi eksplanasi ekspansi dan evaluasi. Temuan penelitian dalam pembelajaran siklus I adalah 1) kegiatan proses pembelajaran model siklus belajar telah dilaksanakan dengan munculnya aspek kerja ilmiah (afektif 75 dan psikomotorik 83) . 2) Dalam kegiatan pembelajaran yang berlangsung siswa berperan utama dalam kegiatan pembelajaran misalnya siswa lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran dan guru hanya sebagai pembimbing kegiatan. 3) Kelas yang ketika observasi awal (sebelum diberi tindakan ) terlihat gaduh dan kurang terkontrol saat diberi tindakan pertama terlihat tetap gaduh akan tetapi gaduh yang dilakukan karena ramai melakukan kegiatan praktikum dan diskusi. 4) Dalam kegiatan tes akhir siswa lebih serius dalam melakukan pengerjaan soal. 5) Nilai rata-rata kelas saat pre-test sebesar 74 58 meningkat menjadi 79 5 pada nilai rata-rata kelas saat post test. Permasalahan dan kendala yang muncul dalam siklus I adalah 1) LKS sulit untuk dipahami oleh siswa sehingga siswa kurang bisa mencerna kata-kata yang ada dengan baik 2) petunjuk praktikum saat melakukan praktikum kurang komunikatif bagi siswa 3) kemandirian siswa yang masih kurang karena bimbingan baik dari observer maupun guru masih terlalu berlebihan. Hasil temuan-temuan dari kegiatan pembelajaran siklus II adalah sebagai berikut. 1) Proses pembelajaran telah berjalan lancar dan sesuai rencana dengan dilaksanakannya model siklus belajar dengan tahap kegiatan eksplorasi eksplanasi ekspansi dan evaluasi. 2) Siswa lebih terampil dan cakap dalam melaksanakan kegiatan praktikum dan kegiatan diskusi. 3) LKS yang digunakan dalam proses pembelajaran siklus II cukup mudah dipahami dan dimengerti oleh siswa. 4) Nilai rata-rata kelas saat pre-test sebesar 86 42 meningkat menjadi 91 37pada nilai rata-rata kelas saat post test. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan adanya sinyal positif yang ditandai dengan tercapainya tujuan penelitian yaitu penerapan model siklus belajar dapat meningkatkan prestasi belajar fisika siswa. Hal tersebut ditunjukkan dengan meningkatnya aspek-aspek kerja ilmiah yang dilatihkan dalam pembelajaran yaitu aspek mengamati mengukur memperediksi bereksperimen mengkomunikasikan dan menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian disarankan beberapa hal sebagai berikut. Guru agar selalu meningkatkan prestasi belajar fisika siswa dengan menggunakan proses pembelajaran model siklus belajar sehingga siswa akan mendapatkan hasil yang diharapkan. Kemudian kepada mahasiswa khususnya program pendidikan agar selalu menumbuh kembangkan kemampuan dalam melakukan proses pembelajaran khususnya model siklus belajar untuk kemajuan siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 15 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/17956

Actions (login required)

View Item View Item