Pengembangan buku saku isyarat alfabet SIBI untuk meningkatkan bahasa isyarat siswa tunarungu TKLB / Dafit Tamara Rizki Agung Saputra - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan buku saku isyarat alfabet SIBI untuk meningkatkan bahasa isyarat siswa tunarungu TKLB / Dafit Tamara Rizki Agung Saputra

Saputra, Dafit Tamara Rizki Agung (2020) Pengembangan buku saku isyarat alfabet SIBI untuk meningkatkan bahasa isyarat siswa tunarungu TKLB / Dafit Tamara Rizki Agung Saputra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tunarungu adalah anak yang mengalami hambatan dalam pendengaran. Indra pendengaran tidak dapat berfungsi dengan baik bahkan tidak dapat mendengar sama sekali mengakibatkan anak tunarungu mengalami hambatan dalam berbicara dan berkomunikasi. Oleh karena itu anak tunarungu memerlukan media buku saku isyarat alfabet sibi untuk pengenalan alfabet sibi terutama pada anak tunarungu prasekolah atau siswa tunarungu di TKLB untuk persiapan kejenjang SDLB. Tujuan Penelitian dan pengembangan ini adalah menghasilakan produk yang berupa buku saku isyarat alfabet sibi untuk meningkatkan bahasa isyarat siswa tunarungu di TKLB. Buku saku isyarat alfabet sibi ini dapat membantu pengenalan alfabet sibi kepada anak tunarungu prasekolah atau siswa tunarungu di TKLB untuk persiapan masuk kejenjang SDLB. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan metode Borg Gall yang terdiri dari (1) Research and Information Collecting (2) Planning (3) Develop Preliminary From a Product (4) Preliminary Field Testing (5) Main Product Revision (6) Final Product Revision. Validasi produk dilakukan melalui penilaian dari (1) ahli media (2) ahli materi dan (3) ahli Praktisi. Dari hasil penelitian uji coba kelayakan atau validasi media buku saku isyarat alfabet sibi ini menunjukkan bahwa skor yang diperoleh dari validasi ahli media adalah 94 12% (valid) skor validasi ahli materi 86 67% (valid) dan skor validasi ahli praktisi 86 67% (valid). Kesimpulan dari penelitian dan pengembangan media buku saku isyarat alfabet sibi ini tergolong layak dan sangat valid. Media efektif digunakan dalam pembelajaran dan dapat membantu proses pembelajaran. Saran yang diharapkan untuk peneliti selanjutnya adalah mengembangkan media buku saku isyarat sibi pada kompetensi materi selanjutnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Sep 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/179552

Actions (login required)

View Item View Item