Hubungan antara taraf kesukaran butir tes, daya beda butir tes dengan variasi jumlah butir tes pada instrumen evaluasi hasil belajar fisika di SMA Negeri 1 Sumberpucung Kabupaten Malang tahun pelajaran 2006/2007 / Gaguk Yulistiadi - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara taraf kesukaran butir tes, daya beda butir tes dengan variasi jumlah butir tes pada instrumen evaluasi hasil belajar fisika di SMA Negeri 1 Sumberpucung Kabupaten Malang tahun pelajaran 2006/2007 / Gaguk Yulistiadi

Gaguk Yulistiadi (2009) Hubungan antara taraf kesukaran butir tes, daya beda butir tes dengan variasi jumlah butir tes pada instrumen evaluasi hasil belajar fisika di SMA Negeri 1 Sumberpucung Kabupaten Malang tahun pelajaran 2006/2007 / Gaguk Yulistiadi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Teori respon butir adalah teori tes yang dikembangkan untuk meningkatkan ketelitian pengukuran hasil pendidikan. Teori respon butir dikembangkan sebagai alternatif jawaban terhadap berbagai keterbatasan teori tes klasik. Dengan menerapkan teori respon butir beberapa keterbatasan yang terdapat pada teori tes klasik diharapkan dapat teratasi. Di antara model teori respon butir yang digunakan adalah model logistik tiga parameter yang menggunakan tiga parameter kemampuan yaitu indeks kesukaran butir soal indeks daya beda butir soal dan parameter pseudo guessing. Teori respon butir dibangun berdasarkan model matematis sehingga perlu mengkaji lebih jauh keterterapan teori tersebut pada pendidikan. Dikaitkan dengan hal tersebut di lapangan muncul permasalahan sejauh mana estimasi model teori respon butir jika terdapat perbedaan jumlah butir tes. Untuk mengetahui sejauh mana keterterapan teori respon butir dalam pendidikan maka perlu diadakan pengujian. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Sumberpucung Kabupaten Malang tanggal 2 Mei sampai dengan 28 Juni 2007. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional yaitu penelitian hubungan antara variabel bebas dengan variabel terikat. Instrumen dalam penelitian ini berupa soal obyektif dengan jumlah butir soal yang berbeda yaitu 5 10 15 20 25 30 35 dan 40. Soal diujikan pada sampel yang sama yaitu siswa kelas X.5 SMA Negeri 1 Sumberpucung Kabupaten Malang yang berjumlah 42 siswa. Teknik analisis data dilakukan dengan melakukan uji hipotesis dan uji prasyarat analisis data. Uji hipotesis dilakukan dengan korelasi product moment sedangkan uji prasyarat analisis data menggunakan uji normalitas dan uji linieritas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada hubungan antara taraf kesukaran butir tes dengan variasi jumlah butir tes yaitu linier dengan persamaan linier Y -0 053 0 53X dan koefisien hubungan r 0 997 (2) ada hubungan antara daya beda butir tes dengan variasi jumlah butir tes yaitu linier dengan persamaan linier Y -0 08 0 46X dan koefisien hubungan r 0 993.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 09 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/17955

Actions (login required)

View Item View Item