Pengalaman menstruasi remaja tunagrahita di SLB C autis Kedungkandang Malang / Khoiriyah Kurniawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengalaman menstruasi remaja tunagrahita di SLB C autis Kedungkandang Malang / Khoiriyah Kurniawati

Kurniawati, Khoiriyah (2020) Pengalaman menstruasi remaja tunagrahita di SLB C autis Kedungkandang Malang / Khoiriyah Kurniawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Manusia sebagai individu mengalami perkembangan dan pertumbuhan secara terus-menerus dan bertahap sepanjang hidupnya. Salah satu fase perkembangan yang pasti dialami oleh manusia adalah fase remaja. Seperti orang lain pada umumnya anak tunagrahita juga mengalami pertumbuhan dan perkembangan serta melewati fase remaja. Rendahnya kecerdasan intelektual pada anak tunagrahita berpengaruh terhadap kemampuan memahami pubertas dan menstruasi. Pengalaman anak tunagrahita saat menstruasi berkaitan dengan pengetahuan anak tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengalaman menstruasi anak tunagrahita perubahan yang terjadi pada anak tunagrahita baik secara fisik maupun psikis ketika menstruasi serta peran lingkungan pada anak tunagrahita saat menstruasi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara observasi dan dokumentasi. Wawancara dilakukan dengan informan ibu/pengasuh subjek dan guru kelas subjek. Observasi dilakukan dengan mengamati subjek saat di lingkungan sekolah dan di rumah ketika anak sedang menstruasi. Untuk menjaga keabsahan data peneliti menggunakan teknik triangulasi sumber dan tiangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan anak tunagrahita yang mempunyai pengetahuan menstruasi yang baik mempunyai pengalaman yang lebih beragam sedangkan anak tunagrahita yang mempunyai pengetahuan menstruasi yang kurang baik mempunyai pengalaman yang kurang dan lebih bergantung terhadap orangtua. Perubahan fisik dan psikis yang dialami anak tunagrahita yaitu tumbuhnya jerawat payudara membesar dan tumbuhnya rambut pubis mudah marah selera makan menurun menunjukkan rasa tertarik dengan lawan jenis dan mempunyai rasa malu. Peran lingkungan dalam menghadapi remaja tunagrahita pada saat menstruasi yaitu orangtua menyediakan pembalut membantu anak memakai pembalut mendampingi ketika memakai pembalut dan memberikan informasi kepada mengenai menstruasi sedangkan guru menyediakan pembalut di kelas menyediakan celana ganti menanyakan keluhan yang mungkin dialami anak menyelipkan pembelajaran menstruasi pada saat pembelajaran bina diri maupun kondisional. Saran yang diberikan yaitu orangtua diharapkan memberikan pengetahuan menstruasi kepada anak tunagrahita sebelum memasuki masa pubertas memberikan informasi mengenai kondisi tubuh anak dan dapat menunjukkan cara memakai pembalut dan membuang pembalut. Guru diharapkan menyusun rencana pembelajaran secara terpadu mengenai menstruasi dalam pembelajaran bina diri dan tidak memberikan pembelajaran menstruasi secara kondisional.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Oct 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/179547

Actions (login required)

View Item View Item