Fauziah, Ulfa Dhia Hasna (2020) Pengembangan teknik clue tulisan braille untuk orientasi mobilitas di lingkungan sekolah bagi siswa tunanetra kelas III SDLBN Pangungsari Trenggalek /Ulfa Dhia Hasna Fauziah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Fauziah Ulfa Dhia Hasna. 2020. Pengembangan Teknik Clue Tulisan Braille Untuk Orientasi Mobilitas Di Lingkungan Sekolah Bagi Siswa tunanetra Kelas III Di SDLBN Panggungsari Trenggalek . Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fskultss Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang pembimbing (1) Dra. Wiwik Dwi Hastuti S.Pd M.Pd (2) Eka Pramono Adi S.IP M.Si Kata kunci Clue Braille Orientasi Dan Mobilitas Tunanetra Tunanetra adalah kondisi di mana indra penglihatan tidak dapat berfungsi dengan baik bahkan tidak dapat melihat sama sekali hal ini dapat terjadi karena adanya kerusakan pada bagian mata. Ketidak mampuan dalam penglihatan pada penyandang tunanetra mendorong kepekaan indra lainnya agar dapat melakukan kegiatan mereka seperti indra pendengaran dan perabaan. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran untuk membantu pengenalan orientasi dan mobilitas di lingkungan sekolah untuk siswa tunanetra kelas 3 di SDLBN Pangunggsari Trenggalek. Nama produk yang dikembangkan yaitu clue braille. Clue braille itu sendiri merupakan petunjuk arah lokasi yang akan dituju dengan bertuliskan huruf braille. Pada penelitian pengembangan media clue braille ini berupa penelitian R D yang mengunankan tahapan dari Sugiyono (Styaputra 2015 20 ) yang terdiri dari 6 tahapan yaitu 1) potensi dan masalah 2) pengumpulan data 3) desain produk 4) validasi desain 5) revisi desain dan 6) produk yang dihasilkan. Dari hasil penelitian clue braille ini yaitu uji coba kelayakan atau biasa di sebut validasi media clue braille ini mendapat beberapa skor penilaian dari beberapa ahli di bidangnya diantara lain yaitu validasi ahli media mendapat skor penilaian sebayak 98% (sangat valid) validasi ahli materi mendapat skor penilaian 100% (sangat valid) dan validasi praktisi mendapat skor penilaian 97% (sangat valid). Hasil kevalidan produk ini hanya menggunakan cukup hasil dari validasi para ahli di karenakan tidak memungkinkannya di lalukan uji coba produk pada pandemik covid-19 ini. Kesimpulan dari penelitian pengembangan media clue braille ini adalah produk clue braille sangat valid layak dan dapat membantu proses orientasi dan mobilitas siswa tunanetra kelas 3 di lingkungan sekolah. Saran yang dikemukakan peneliti adalah perlunya mengembangankan clue braille untuk dimanfaatkan di SDLBN Panggungsari Trenggalek.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 05 Oct 2020 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2020 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/179546 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |