Pengaruh media pembelajaran roda putar terhadap peningkatan kemampuan konsep dasar mengenal bilangan 1-10 siswa tunarungu kelas i di SLB Putra Jaya, Kota Malang / Akbar Taufikurrokhman - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh media pembelajaran roda putar terhadap peningkatan kemampuan konsep dasar mengenal bilangan 1-10 siswa tunarungu kelas i di SLB Putra Jaya, Kota Malang / Akbar Taufikurrokhman

Taufikurrokhman, Akbar (2021) Pengaruh media pembelajaran roda putar terhadap peningkatan kemampuan konsep dasar mengenal bilangan 1-10 siswa tunarungu kelas i di SLB Putra Jaya, Kota Malang / Akbar Taufikurrokhman. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kemampuan konsep dasar mengenal bilangan seharusnya dapat dikuasai oleh tunarungu kelas I. Hasil pengamatan secara intensif menunjukkan peserta didik kesulitan dalam pengerjaan soal terkait mengurutkan bilangan mengurutkan bilangan sesuai jumlah benda dan membedakan benda dengan istilah sama lebih banyak dan lebih sedikit. Permasalahan tersebut muncul sebab kemampuan mengurutkan bilangan hanya sebatas menghafal konsep pemahaman anak terhadap bilangan dimulai dari mengenal simbol dan materi yang disampaikan kepada anak belum secara utuh. Upaya yang dapat diberikan yaitu pembelajaran disampaikan melalui media pembelajaran berbasis visual. Media visual yang tepat sesuai kebutuhan dan karakteristik peserta didik yaitu media pembelajaran roda putar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh media pembelajaran roda putar terhadap peningkatan kemampuan konsep dasar mengenal bilangan 1-10 siswa tunarunu kelas I di SLB Putra Jaya Kota Malang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan rancangan Pre-Experimental Design dengan bentuk One Group Pretest-Postest Design. Instrumen penelitian berupa tes dalam pengujian pretes (sebelum perlakuan) dan postes (sesudah perlakuan) dengan pelaksanan sebanyak lima kali. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji gain ternormalisasi dan selisih nilai rata-rata pretes dan postes. Hasil analisis uji gain score dari seluruh peserta didik menunjukkan nilai 0 93 termasuk dalam intrepetasi high sedangkan hasil selisih nilai rata-rata pretes dan postes sebesar 32 07. Atas dasar tersebut H0 ditolak sehingga terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan media pembelajaran roda putar terhadap peningkatan kemampuan konsep dasar mengenal bilangan 1-10 siswa tunarungu kelas I SLB Putra Jaya Kota Malang. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh peneliti terdapat beberapa saran yaitu (1) bagi kepala sekolah dapat dijadikan sebagai reverensi dalam pelaksanaan pembelajaran (2) bagi guru dapat digunakan sebagai variasi dalam mengajar dengan mengatur batasan waktu dengan tepat agar tidak mudah bosan (3) bagi siswa dapat dijadikan pedoman dalam mengikuti pembelajaran untuk lebih percaya diri aktif dan saling berinteraksi dengan pendidik dan (4) bagi peneliti selanjutnya mampu memberikan solusi berupa akomodasi waktu secara tepat dalam penggunaan media dan dapat mengembangkan kajian materi yang belum terbahas dalam materi ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: library UM
Date Deposited: 06 Oct 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/179545

Actions (login required)

View Item View Item