Pengaruh metode drill and practice berbantuan media papan flanel terhadap keterampilan memakai kemeja siswa Tunagrahita di SLB ac Dharma wanita Sidoarjo / Nadya Deshinta Rizki Amanda - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh metode drill and practice berbantuan media papan flanel terhadap keterampilan memakai kemeja siswa Tunagrahita di SLB ac Dharma wanita Sidoarjo / Nadya Deshinta Rizki Amanda

Amanda, Nadya Deshinta Rizki (2021) Pengaruh metode drill and practice berbantuan media papan flanel terhadap keterampilan memakai kemeja siswa Tunagrahita di SLB ac Dharma wanita Sidoarjo / Nadya Deshinta Rizki Amanda. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Anak tunagrahita sedang adalah anak yang memiliki tingkat IQ antara 36-51 (mampu latih). Mereka masih bisa dilatih dalam bidang keterampilan kemandirian bina diri. Kemampuan atau pekerjaan yang bisa diberikan kepada anak tunagrahita sedang adalah berpakaian membersihkan dan merapikan diri makan dan minum serta menghindar dari bahaya. Penelitian ini terfokus pada keterampilan berpakaian (memakai kemeja). Untuk anak tunagrahita keterampilan memakai kemeja bukan suatu hal yang mudah untuk dilakukan. Hal ini mengingat kemampuan anak tunagrahita dalam mengingat tahapan-tahapan memakai kemeja sangatlah terbatas. Salah satu cara untuk meningkatkan keterampilan memakai kemeja anak tunagrahita adalah dengan cara latihan secara bertahap dan berulang-ulang menggunakan metode drill and practice berbantuan media papan flanel. Metode drill and practice adalah salah satu metode pembelajaran dimana kegiatan yang sama yang dilakukan secara berulang-ulang dan kontinyu serta dilakukan dengan sungguh-sungguh dengan maksud untuk menguatkan suatu kondisi atau keterampilan secara permanen dan menetap pada diri seseorang dan tidak mudah dilupakan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan keterampilan memakai kemeja siswi tunagrahita pada kondisi baseline-1 (A1) (2) Mendeskripsikan keterampilan memakai kemeja siswi tunagrahita pada kondisi intervensi-1 (B1) (3) Mendeskripsikan keterampilan memakai kemeja siswi tunagrahita pada kondisi baseline-2 (A2) (4) Mendeskripsikan keterampilan memakai kemeja siswi tunagrahita pada kondisi intervensi-2 (B2) (5) Mendeskripsikan pengaruh metode drill and practice berbantuan media papan flanel terhadap keterampilan memakai kemeja siswi tunagrahita. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan menggunakan SSR desain A-B-A-B. Subjek penelitian ini adalah siswi tunagrahita sedang (down syndrome) kelas V SDLB di SLB AC Dharma Wanita Sidoarjo. Analisis data yang digunakan adalah analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi. Hasil penelitian menunjukkan perolehan mean level yang meningkat dari 71% (A1) 86% (B1) 83% (A2) 90% (B2). Perhitungan persentase overlap pada kondisi baseline-1 (A1) ke kondisi intervensi-2 (B2) adalah 0%. Kesimpulannya adalah terdapat pengaruh penggunaan metode drill and practice berbantuan media papan flanel terhadap keterampilan memakai kemeja anak tunagrahita.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Oct 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/179543

Actions (login required)

View Item View Item