Kajian tentang pembelajaran kelompok pola kooperatif dan kolaboratif berbasis konstruktivisme terhadap penguasaan konsep fisika siswa kelas X SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang 2005-2006 / Nurul Hayati - Repositori Universitas Negeri Malang

Kajian tentang pembelajaran kelompok pola kooperatif dan kolaboratif berbasis konstruktivisme terhadap penguasaan konsep fisika siswa kelas X SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang 2005-2006 / Nurul Hayati

Nurul Hayati (2009) Kajian tentang pembelajaran kelompok pola kooperatif dan kolaboratif berbasis konstruktivisme terhadap penguasaan konsep fisika siswa kelas X SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang 2005-2006 / Nurul Hayati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran kelompok dengan pola-pola tertentu belum banyak dipraktekkan di SMP maupun SMA. Dampak positif pembelajaran kelompok belum dapat dirasakan karena pembelajaran kelompok yang ada biasanya dilakukan secara acak tidak menggunakan pola tertentu. Pengaruh pembentukan pembelajaran kelompok pola acak tidak nampak pada pola hasil belajar sehingga memerlukan usaha yang sangat efektif untuk meningkatkan penguasaan konsep fisika siswa dengan membentuk pola-pola kelompok tertentu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) perbedaan penguasaan konsep fisika antara siswa yang diajar dengan pembelajaran kelompok pola kooperatif polak kolaboratif dan pola acak (kontrol) (2) perbedaan penguasaan konsep fisika antara siswa yang diajar dengan pembelajaran kelompok pola kooperatif pola acak (kontrol) (3) perbedaan penguasaan konsep fisika antara siswa yang diajar dengan pembelajaran kelompok pola kolaboratif dan pola acak (kontrol) (4) perbedaan penguasaan konsep fisika antara siswa yang diajar dengan pembelajaran kelompok pola kooperatif dan pola kolaboratif. Penelitian ini menggunakan penelitian dengan jenis eksperimen semu (Quasy Experimentation) dengan model rancangan pretes postes kontrol grup teracak (Randomized Control Group pre test-post test). Waktu dan tempat penelitian dilakukan pada bulan Maret sampai Mei 2006 di SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang. Populasi penelitian adalah kelas X yang berjumlah 6 kelas dan selanjutnya tiga kelas diambil sebagai sampel penelitian secara undian dengan rincian 2 kelas sebagai kelas eksperimen 1 kelas sebagai kelas kontrol dan dua kelas sebagai uji coba instrumen. Dalam penelitian ini menggunakan tiga instrumen yaitu instrumen perlakuan instrumen pengamatan dan instrumen penguasaan konsep fisika siswa. Analisis data menggunakan analisis variansi dengan Oneway Anova atau uji F dan Shceffe Test. Untuk menganalisis perbedaan penguasaan konsep fisika siswa digunakan Oneway Anova atau uji F sedangkan untuk mengetahi perbedaan antar kelompok menggunakan Scheffe Test. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan penguasaan konsep fisika yang di uji yaitu pola kooperatif dengan gain skor sebesar 10 500 pola kolaboratif dengan gain skor sebesar 13 928 dan pola acak dengan gain skor sebesar 0 1515. Pada analisis Scheffe Test diketahui bahwa ada perbedaan penguasaan konsep fisika kelompok pola kooperatif dengan pola acak (kontrol) dengan rata-rata sebesar 10 651 pola kolaboratif dengan pola acak (kontrol) sebesar dengan rata-rata14 080 sedangkan pola kooperatif dengan pola kolaboratif adalah sama (tidak berbeda). Berdasarkan hal itu ditemukan bahwa pembelajaran kelompok pola kooperatif dan pola kolaboratif lebih efektif dibandingkan dengan pola acak (kontrol).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 12 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/17954

Actions (login required)

View Item View Item