Pengaruh model pembelajaran Picture and Picture terhadap keterampilan berwudhu siswa Tunagrahita kelas ii di SDLB Idayu 2 Pakis Malang / Sunda Sugianti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran Picture and Picture terhadap keterampilan berwudhu siswa Tunagrahita kelas ii di SDLB Idayu 2 Pakis Malang / Sunda Sugianti

Sugianti, Sunda (2021) Pengaruh model pembelajaran Picture and Picture terhadap keterampilan berwudhu siswa Tunagrahita kelas ii di SDLB Idayu 2 Pakis Malang / Sunda Sugianti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Anak tunagrahita merupakan suatu kondisi dimana anak memiliki kemampuan kecerdasan dibawah rata-rata anak pada umumnya. Hal ini menyebabkan anak tunagrahita mengalami kesulitan dalam memahami suatu pembelajaran salah satunya materi keterampilan berwudhu. Berdasarkan studi pendahuluan yang dilaksanakan di SDLB Idayu 2 Pakis Malang terdapat siswa tunagrahita kelas II yang mengalami kesulitan dalam melakukan keterampilan berwudhu. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan kemampuan keterampilan berwudhu siswa tunagrahita sebelum diberikan intervensi berupa model pembelajaran picture and picture 2) mendeskripsikan kemampuan keterampilan berwudhu siswa tunagrahita setelah diberikan intervensi berupa model pembelajaran picture and picture 3) mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran picture and picture terhadap keterampilan berwudhu siswa tunagrahita kelas II di SDLB Idayu 2 Pakis Malang. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen berupa Single Subject Research (SSR) dengan model desain penelitian A-B-A. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa tunagrahita kelas II. Instrumen yang digunakan yaitu analisis tugas (task analysis) untuk mengetahui kemampuan keterampilan berwudhu sebelum dan setelah diberikan pelakuan menggunakan model pembelajaran picture and picture. Analisis data yang digunakan adalah analisis data dalam kondisi dan analisis data antar kondisi. Berdasarkan hasil analisis data pada kondisi sebelum diberikan intervensi perolehan nilai rata-rata kemampuan keterampilan berwudhu siswa tunagrahita sebesar 72 25% dan pada saat diberikan intervensi sebesar 89 8%. Setelah diberikan intervensi perolehan nilai rata-rata sebesar 86%. Presentase overlap sebesar 0%. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran picture and picture berpengaruh terhadap keterampilan berwudhu siswa tunagrahita. Saran untuk guru dapat menerapkan model pembelajaran picture and picture dalam meningkatkan keterampilan berwudhu siswa tunagrahita. Untuk peneliti selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan kembali penelitian yang menggunakan model pembelajaran picture and picture pada subjek dan karakteristik yang berbeda dengan target behavior yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: library UM
Date Deposited: 07 Oct 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/179539

Actions (login required)

View Item View Item