Pengaruh pemanfaatan media gambar seri terhadap kemampuan bercerita siswa Tunagrahita kelas v SDLB di SLB-C Dharma wanita Pare Kediri / Paulina Rahmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pemanfaatan media gambar seri terhadap kemampuan bercerita siswa Tunagrahita kelas v SDLB di SLB-C Dharma wanita Pare Kediri / Paulina Rahmawati

Paulina , Rahmawati (2021) Pengaruh pemanfaatan media gambar seri terhadap kemampuan bercerita siswa Tunagrahita kelas v SDLB di SLB-C Dharma wanita Pare Kediri / Paulina Rahmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Siswa tunagrahita adalah siswa yang memiliki IQ dibawah rata-rata siswa reguler karena mempunyai hambatan dalam fungsi intelektualnya mereka cenderung mengalami kesulitan dalam berkomunikasi dan berbahasa salah satunya kesulitan dalam bercerita. Siswa tunagrahita memerlukan media pembelajaran yang menunjang dan memudahkan mereka untuk bercerita salah satunya dengan memanfaatkan media gambar seri. Media gambar seri merupakan media yang terdiri dari beberapa gambar yang bila disatukan dapat membentuk sebuah cerita. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan kemampuan bercerita siswa tunagrahita kelas V di SLB-C Dharma Wanita Pare Kediri sebelum diberi treatment media gambar seri (2) mendeskripsikan kemampuan bercerita siswa tunagrahita kelas V di SLB-C Dharma Wanita Pare Kediri setelah diberi treatment media gambar seri dan (3) mendeskripsikan perbedaan kemampuan bercerita siswa tunagrahita kelas V di SLB-C Dharma Wanita Pare Kediri sebelum dan sesudah memanfaatkan media gambar seri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode pre-experiment dan menggunakan desain penelitian one group pre-test post-test. Subjek penelitian ini adalah 6 siswa tunagrahita ringan di SLB-C Dharma Wanita Pare Kediri. Instrumen penelitian ini menggunakan tes lisan untuk pre-test dan post-test. Pada tes lisan terdapat tiga cerita yang disampaikan yakni mengenai kegiatan menyapu kelas menyiram tanaman dan mencuci tangan. Pengumpulan data dimulai dari penyusunan instrumen pemberian pre-test sebanyak 1 kali pemberian treatment sebanyak 6 kali pemberian post-test sebanyak 1 kali dan melakukan analisis menggunakan uji wilcoxon matched pairs test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata pre test 48 5 dan rata-rata nilai post-test 69 2 sedangkan hasil thitung yang diperoleh sebesar 0 dan ttabel sebesar 2 (dengan 945 0 05 dan n 6). Hasil tersebut menunjukkan bahwa thitung ttabel atau 0 2 maka H0 ditolak sehingga pemanfaatan media gambar seri berpengaruh terhadap kemampuan bercerita siswa tunagrahita kelas V di SLB-C Dharma Wanita Pare Kediri. Kesimpulan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pemanfaatan media gambar seri terhadap kemampuan bercerita siswa tunagrahita kelas V di SLB-C Dharma Wanita Pare Kediri. Saran dalam penelitian ini diperuntukkan kepada (1) lembaga sekolah agar menjadi referensi dalam pemilihan media pemberlajaran untuk siswa (2) guru agar menjadikan media gambar seri sebagai alternatif media dalam pembelajaran bahasa Indonesia dan (3) peneliti selanjutnya dapat memanfaatkan dan mengembangkan media gambar seri tidak hanya pada pembelajaran bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Oct 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/179538

Actions (login required)

View Item View Item