Peran orang tua dalam pembelajaran online pada anak autis saat masa pandemi covid-19 di desa suko kabupaten probolinggo / Desy Ratna Khulfi Pratiwi - Repositori Universitas Negeri Malang

Peran orang tua dalam pembelajaran online pada anak autis saat masa pandemi covid-19 di desa suko kabupaten probolinggo / Desy Ratna Khulfi Pratiwi

Pratiwi, Desy Ratna Khulfi Pratiwi (0000) Peran orang tua dalam pembelajaran online pada anak autis saat masa pandemi covid-19 di desa suko kabupaten probolinggo / Desy Ratna Khulfi Pratiwi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Khulfi Pratiwi Desy. 2021. Peran Orang Tua dalam Pembelajaran Online pada Anak Autis saat Masa Pandemi Covid-19 di Desa Suko KabupatenProbolinggo. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Ir. Endro Wahyuno M.Si (II) Dr. Henry Praherdiono. S.Si M.Pd Kata Kunci peran orang tua pembelajaran online anak autis covid-19 Saat masa corona dibutuhkan pembelajaran online yang efektif bagi dunia pendidikan agar pendidikan kini berjalan dengan baik maka pembelajaran online sebagai sarana bagi anak dalam masa belajar di rumah semua orang membutuhkan pembelajaran online saat pandemi ini termasuk anak autis. Autis adalah gangguan perkembangan kognitif bahasa serta perilaku interaksi sosial dengan orang lain serta komunikasi. Anak autis identik dengan memiliki dunia sendiri karena anak memiliki gangguan dalam komunikasi tersebut. Temuan ini memiliki tujuan yakni (1) Tugas pendidik pembelajaran online pada autis saat masa pandemi (2) Faktor penghambat pendidik saat pembelajaran online untuk autis saat masa pandemi covid-19 (3) Upaya orang tua untuk mengatasi faktor penghambat dalam pembelajaran online untuk anak autis saat masa pandemi. Penelitian ini termasuk deskriptif serta lokasi di Desa Suko Kabupaten Probolinggo dengan subjek orang tua anak autis . Pengumpulan data untuk penelitian deskriptif dengan wawancara observasi lapangan dan dokumentasi subjek diteliti. Hasil penelitian membuktikan dengan ini posisi pemimpin keluarga pembelajaran online untuk autis dalam masa pandemi ini di Desa Suko Kabupaten Probolingo yaitu orang tua sebgai guru di rumah fasilitator pengarah/director dan motivator. Dalam proses pelaksanaannya orang tua mengalami hambatan yaitu hambatan yang dialami oleh anak autis dan pembagian waktu antara pekerjaan dan tugas anak. Hal itu dalam mengatasi hambatan tersebut orang tua bekerja sama dengan guru dalam mendidik anak yaitu dengan memberikan anak waktu bermain agar tidak merasa bosan dan memberikan sesuatu yang disukai anak. Simpulan skripsi ini yaitu penanggung memberikan pendidikan kepada anaknya sangat bermanfaat. Belajar secara online memudahkan keluarga di rumah dan guru berkomunikasi untuk tetap menemani anak belajar di rumah walau dalam masa karantina. Meskipun dalam pelaksanaannya anak dan orang tua menghadapi kepedihan untuk mengatur waktu orang tua bekerja dan siswi belajar. Orang tua tetap menjadikan anak sebagai teman. Saran penelitian ini yaitu (1) orang tua harus tetap mengawasi anak jika memberikan anak mainan atau gadget agar anak mau belajar (2) guru untuk tetap memberikan edukasi kepada orang tua mengenai pembelajaran online yang akan diterapkan di rumah (3) bagi peneliti selanjtunya bisa meniru skripsi ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Oct 0000 04:29
Last Modified: 09 Sep 0000 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/179537

Actions (login required)

View Item View Item