Pengaruh penggunaan “Jarimagic” terhadap hasil belajar berhitung perkalian siswa tunarungu kelas III SD di Sekolah Luar Biasa Negeri Seduri Mojosari Mojokerto / Dian Kristi Monita Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan “Jarimagic” terhadap hasil belajar berhitung perkalian siswa tunarungu kelas III SD di Sekolah Luar Biasa Negeri Seduri Mojosari Mojokerto / Dian Kristi Monita Sari

Sari, Dian Kristi Monita (2020) Pengaruh penggunaan “Jarimagic” terhadap hasil belajar berhitung perkalian siswa tunarungu kelas III SD di Sekolah Luar Biasa Negeri Seduri Mojosari Mojokerto / Dian Kristi Monita Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Dian Kristi Monita S. 2020. Pengaruh Penggunaan Jarimagic Terhadap Hasil Belajar Berhitung Perkalian Siswa Tunarungu Kelas III SD Di Sekolah Luar Biasa Negeri Seduri Mojosari Mojokerto. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs Ir. Endro Wahyuno M.Si (II) Drs. Ahmad Samawi M.Hum. Kata Kunci Tunarungu kemampuan berhitung metode jarimagic. Tunarungu yang mengalami kesulitan pada proses pembelajaran khususnya pada operasi hitung dikarenakan gangguan mendengar yang dialami anak tunarungu menyebabkan terhambatnya perkembangan bahasa dalam memahami dan menerima materi pembelajaran. Pembelajaran matematika dalam hal berhitung perkalian masih cenderung menggunakan metode lama yaitu dengan cara bersusun. Kondisi ini menyebabkan pembelajaran kurang menarik siswa menjadi jenuh sehingga pembelajaran kurang bermakna. Operasi hitung yang di maksud adalah pembelajaran operasi hitung perkalian pada bilangan 1 20. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana hasil belajar perkalian matematika sebelum diterapkan metode jarimagic pada siswa tunarungu kelas III SD Di Sekolah Luar Biasa Seduri Mojosari Mojokerto (2) Bagaimana hasil belajar perkalian matematika setelah diterapkan metode jarimagic pada siswa tunarungu kelas III SD Di Sekolah Luar Biasa Seduri Mojosari Mojokerto (3) Adakah pengaruh metode jarimagic terhadap hasil belajar berhitung operasi perkalian matematika pada siswa kelas III SD Di Sekolah Luar Biasa Seduri Mojosari Mojokerto . Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar perkalian sebelum diterapkan metode jarimagic dan sesudah diterapkannya metode jarimagic pada siswa tunarungu kelas III SD di sekolah Luar Biasa Seduri Mojosari Mojokerto. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kuantitatif dengan jenis penggunaan Pre-Eksperimen Design dengan One Group Pre-Test and Post-Test. Sempel dalam penelitian ini berjumlah 8 orang siswa dengan subjek penelitian siswa tunarungu. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes. Instrumen yang digunakan adalah lembar tes (pre-test dan post-test). Berdasarkan hasil analisis disimpulkan bahwa penggunaan metode jarimagic berpengaruh terhadap kemampuan berhitung perkalian siswa tunarungu kelas III SD Di Sekolah Luar Biasa Seduri Mojosari Mojokerto. Hal ini dinyatakan dalam perhitungan presentase dari table distribusi frekuensi dengan hasil rata rata pre-test sebesar 37 dan masuk dalam kategori gagal dan hasil rata rata post-test sebesar 87 dan masuk dalam kategori sangat baik. Perhitungan tersebut menyatakan bahwa ada pengaruh sebelum menggunakan metode jarimagic dan sesudahnya menggunakan metode jarimagic. Disarankan bagi guru untuk menggunakan metode jarimagic dalam pembelajaran berhitung perkalian dan bagi peneliti selanjutnya agar melakukan penelitian eksperimen dengan menggunakan desain One Group Pre-Test and Post-Test karena desian ini dapat mengetahui antara pengaruh tidaknya penggunaan sebuah metode yang diterapkan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: library UM
Date Deposited: 05 Oct 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/179534

Actions (login required)

View Item View Item