Pengaruh penggunaan media loker angka terhadap kemampuan berhitung siswa Tunagrahita kelas 1 di SDLB Idayu 2 Pakis / Jami'atul Hasanah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan media loker angka terhadap kemampuan berhitung siswa Tunagrahita kelas 1 di SDLB Idayu 2 Pakis / Jami'atul Hasanah

Hasanah, Jami'atul (2020) Pengaruh penggunaan media loker angka terhadap kemampuan berhitung siswa Tunagrahita kelas 1 di SDLB Idayu 2 Pakis / Jami'atul Hasanah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hasanah Jami atul. 2020. Pengaruh Penggunaan Media Loker Angka Terhadap Kemampuan Berhitung Siswa Tunagrahita Kelas 1 di SDLB Idayu 2 Pakis. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Ahsan Romadlon Junaidi M.Pd (II) Drs. Usep Kustiawan M.Sn Kata Kunci loker angka berhitung tunagrahita Anak tunagrahita merupakan seseorang yang mengalami hambatan dalam intelektualnya. Mereka memiliki tingkat kemampuan berfikir di bawah rata-rata yang mengakibatkan kemampuan membaca menulis dan berhitung anak menjadi rendah. Pemanfaatan strategi dan model pembelajaran yang tepat dapat meningkatkan kemampuan berhitung siswa tunagrahita. Salah satu pemanfaatannya yaitu menggunakan media loker angka. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan kemampuan berhitung siswa tunagrahita sebelum menggunakan media loker angka (2) mendeskripsikan kemampuan berhitung setelah menggunakan media loker angka (3) mendeskripsikan pengaruh media loker angka terhadap kemampuan berhitung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dengan desain One Group Pretest-Posttest. Subjek penelitian ini adalah siswa tunagrahita kelas 1 yang berjumlah 5 siswa. Instrument untuk mengumpulkan data berupa instrument tes tulis dan tes lisan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis uji deskriptif dan uji bertanda wilcoxon. Hasil analisis data menunjukkan kemampuan berhitung siswa sebelum intervensi masuk dalam kategori kurang dengan perolehan nilai rata-rata sebesar 49 dan sesudah intervensi masuk dalam kategori sangat baik dengan perolehan nilai rata-rata sebesar 82. Dari hasil analisis uji hipotesis menggunakan uji wilcoxon menunjukkan Asymp.Sig. (2-tailed) sebesar 0.042. Karena nilai 0 042 0 05 maka hal ini menunjukkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak artinya ada pengaruh penggunaan media loker angka terhadap kemampuan berhitung siswa tunagrahita kelas 1 SDLB Idayu 2 Pakis. Kesimpulan dari penelitian ini adalah media loker angka berpengaruh positif terhadap kemampuan berhitung siswa tunagrahita. Saran bagi sekolah diharapkan menyediakan media loker angka untuk mata pelajaran matematika pada materi berhitung agar pembelajaran lebih interaktif bagi guru diharapkan menerapkan media loker angka untuk meningkatkan kemampuan berhitung bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan penelitian ini dengan subjek atau karakteristik yang berbeda agar informasi dan pengetahuan menjadi lebih luas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Oct 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/179533

Actions (login required)

View Item View Item