Penerapan pembelajaran fisika metode inkuiri terbimbing dengan model siklus belajar dalam upaya meningkatkan kemampuan bekerja ilmiah dan hasil belajar siswa kelas X.7 SMA Negeri 2 Malang / Devinta Rantaurina - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran fisika metode inkuiri terbimbing dengan model siklus belajar dalam upaya meningkatkan kemampuan bekerja ilmiah dan hasil belajar siswa kelas X.7 SMA Negeri 2 Malang / Devinta Rantaurina

Devinta Rantaurina (2010) Penerapan pembelajaran fisika metode inkuiri terbimbing dengan model siklus belajar dalam upaya meningkatkan kemampuan bekerja ilmiah dan hasil belajar siswa kelas X.7 SMA Negeri 2 Malang / Devinta Rantaurina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian dilakukan untuk menerapkan pembelajaran fisika metode inkuiri terbimbing dengan model siklus belajar. Pembelajaran dilaksanakan pada pokok bahasan besaran dan satuan serta kinematika gerak lurus. Alasan dilakukan penelitian ini adalah kurangnya kemampuan bekerja ilmiah siswa kelas X-7 di SMA Negeri 2 Malang yang terindikasi dari kurang terampilnya siswa dalam menggunakan alat-alat percobaan bahkan ada beberapa siswa yang tidak mengetahui nama alat-alat yang digunakan dalam percobaan. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru dan siswa terungkap bahwa sebagian siswa tidak menyukai pelajaran fisika dengan alasan fisika sangat sulit untuk dimengerti dan tidak tahu aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini dapat menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bekerja ilmiah dan hasil belajar siswa kelas X-7 di SMA Negeri 2 Malang. Tindakan yang dilakukan berupa pembelajaran fisika metode inkuiri terbimbing dengan model siklus belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian PTK yang dilaksanakan dalam dua siklus. Penelitian ini dilakukan kepada siswa kelas X-7 berjumlah 40 siswa. Kemampuan bekerja ilmiah diamati dengan menggunakan pedoman observasi kemampuan bekerja ilmiah yang mengacu pada kurikulum 2004. Hasil belajar siswa terbagi dalam tiga aspek yaitu aspek kognitif afektif dan psikomotorik. Aspek kognitif diukur berdasarkan hasil pre-test dan post-test siswa. Aspek afektif dan psikomotorik diamati dengan lembar penilaian afektif dan lembar penelitian psikomotorik. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis gain score ternormalisasi untuk hasil belajar siswa aspek kognitif sedangkan analisis hasil belajar aspek afektif psikomotorik kemampuan bekerja ilmiah dan keterlaksanaan pembelajaran menggunakan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan bekerja ilmiah dari siklus I ke siklus II yaitu sebesar 4.85%. Hasil belajar siswa untuk aspek afektif mengalami peningkatan sebesar 7.19%. Hasil belajar siswa untuk aspek psikomotorik mengalami peningkatan sebesar 11.66%. Hasil belajar siswa untuk aspek kognitif mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Indikator peningkatan ini ditunjukan dengan gain score rata-rata 0 3 untuk siklus I dan 0 4 untuk siklus II.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 01 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/17952

Actions (login required)

View Item View Item