Implementasi paket pembelajaran dengan model siklus belajar 5E dalam upaya meningkatkan keterampilan bertanya guru dan hasil belajar siswa SMPN 4 Malang / Lailis Saadah - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi paket pembelajaran dengan model siklus belajar 5E dalam upaya meningkatkan keterampilan bertanya guru dan hasil belajar siswa SMPN 4 Malang / Lailis Saadah

Lailis Saadah (2009) Implementasi paket pembelajaran dengan model siklus belajar 5E dalam upaya meningkatkan keterampilan bertanya guru dan hasil belajar siswa SMPN 4 Malang / Lailis Saadah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Observasi awal pada pembelajaran fisika yang dilaksanakan di kelas 7-C SMPN 4 Malang ditemukan beberapa masalah. Permasalahan tersebut yaitu guru belum dapat menyebarkan pertanyaan pada seluruh siswa dan guru juga masih banyak mengajukan pertanyaan tertutup sehingga siswa kurang aktif dalam pembelajaran dan siswa juga kurang siap menerima materi pembelajaran. Permasalahan selanjutnya adalah hasil belajar kognitif siswa yang masih rata-rata yaitu sebesar 60 42 dan guru belum dapat melaksanakan penilaian hasil belajar afektif dan psikomotorik dengan optimal. Untuk mengatasi permasalahan di atas perlu dilakukan tindakan untuk mengatasinya yaitu dengan implementasi paket pembelajaran dengan model siklus belajar 5E. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan bertanya guru dan hasil belajar siswa pada pembelajaran menggunakan paket pembelajaran dengan model siklus belajar 5E. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang dirancang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan tindakan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dengan model siklus belajar 5E lembar observasi keterampilan bertanya guru tes yang terdiri dari ulangan harian pre-test dan post-test dan rubrik penilaian afektif dan psikomotorik siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan mempersentase untuk data ketercapaian pembelajaran dengan model siklus belajar 5E keterampilan bertanya guru dan hasil belajar afektif dan psikomotorik siswa dan data hasil belajar kognitif siswa dengan gain score. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran dengan model siklus belajar 5E sudah terlaksana 100% dan ketercapaiannya meningkat pada tiap siklus yaitu siklus I sebesar 75 39% dan pada siklus II sebesar 89 45%. Keterampilan bertanya guru mengalami peningkatan dapat dilihat dari pertanyaan pertanyaan terbuka yang diajukan oleh guru meningkat dan guru semakin terampil menggunakan keterampilan bertanya dasar. Hasil belajar kognitif siswa dari nilai pre-test dan post-test meningkat yaitu pada siklus I didapatkan gain sebesar 0 30 dan pada siklus II didapatkan gain sebesar 0 38 yang keduanya termasuk dalam dalam kategori sedang. Hasil belajar afektif siswa meningkat ketercapaiannya pada tiap indikator yaitu kerjasama dalam kelompok sebesar 12 5% keaktifan melakukan praktikum 7% keberanian bertanya dan menjawab sebesar 19 9%. Hasil belajar psikomotorik siswa ketercapaiannya meningkat pada masing-masing indikator yaitu kemampuan menyusun alat sebesar 8 5% kemampuan melakukan praktikum sebesar 4 8% dan ketelitian membaca alat ukur sebesar 5 5% . Dapat disimpulkan bahwa implementasi paket pembelajaran dengan model siklus belajar 5E dapat meningkatkan keterampilan bertanya guru dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/17950

Actions (login required)

View Item View Item