Keingintahuan anak dan komunikasi inu (Sebuah kajian dengan perspektif interaksionisme simbolik terhadap anak dari keluarga pedagang) / Raisah Fatich Annisa - Repositori Universitas Negeri Malang

Keingintahuan anak dan komunikasi inu (Sebuah kajian dengan perspektif interaksionisme simbolik terhadap anak dari keluarga pedagang) / Raisah Fatich Annisa

Annisa, Raisah Fatich (2011) Keingintahuan anak dan komunikasi inu (Sebuah kajian dengan perspektif interaksionisme simbolik terhadap anak dari keluarga pedagang) / Raisah Fatich Annisa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Keingintahuan Komunikasi Interaksi Awal masa kanak-kanak adalah usia emas perkembangan. Pada usia ini anak sering memiliki keingintahuan yang tinggi yang pantas diperhatikan. Atas dasar itu peneliti membuat rumusan masalah (1) bagaimanakah deskripsi keingintahuan an-ak. Artinya bagaimana tingkat keingintahuan arah keingintahuan dan juga tentang tingkat toleransi terhadap keingintahuannya atau ada deskripsi lainnya (2) bagai-manakah deskripsi komunikasi ibu tehadap anak dalam merespon keingintahuan anak. Apakah ibu berkomunikasi otoriter demokratis atau permisif (3) bagaimana koneksitas antara keingintahuan anak dan komunikasi ibu. Apakah suatu tipe komunikasi yang digunakan ibu dapat juga merubah dimensi perilaku anak. Penelitian dilakukan di sebuah perkampungan di tengah kota Malang. Fokus penelitian ialah interaksi antara ibu dan anak usia 4-6 tahun pada keluarga pedagang. Disini digunakan pendekatan kualitatif dengan jenis interaksionisme simbolik. Proses pengambilan sampelnya menggunakan snowball sampling pengambilan data dilakukan dengan observasi partisipatoris dan wawancara mendalam. Analisis data dilakukan dengan mendeskripsi mengkatagorisasi dan penegasan koneksi. Hasil yang dapat diperoleh dalam penelitian ini adalah (1) Pada umumnya anak-anak memiliki tingkat keingintahuan yang tinggi untuk dipenuhi cenderung memiliki toleransi frustrasi rendah dan mengarah pada perkembangan aspek kognitif afektif dan konatif (2) Dalam merespon keingintahuan anak Ibu cenderung menggunakan salah satu dari tiga tipe komunikasi yaitu otoriter demokratis dan permisif. Namun kecenderungan itu bersifat fluktuatif Ibu tidak selalu berkomunikasi dengan satu tipe saja. Misalnya Ibu yang cenderung demokratis pun juga pernah bersikap otoriter ketika anak menunjukkan sikap tidak patuh begitu pula pada tipe yang lain (3) Komunikasi ibu yang semakin mendekati tipe demokratif menyebabkan tingginya toleransi frustrasi dan tingginya keseimbangan perkembangan aspek kognitif afektif dan konatif anak. Sebaliknya semakin menjauhi tipe demokratif semakin rendah keseimbangan perkembangan aspek kognitif afektif konatif dan juga toleransi frustrasi anak. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan disarankan bagi orang tua untuk dapat mengubah tipe komunikasinya kearah tipe komunikasi demokratis. Bagi konselor Bagi konselor terutama di TK dan SD diharapkan dapat memberikan dukungan sistem berupa program atau kegiatan yang dapat membantu orang tua dalam merespon keingintahuan anak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jan 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/1795

Actions (login required)

View Item View Item