Hubungan antara kemampuan matematika dan motivasi belajar dengan prestasi belajar fisika siswa kelas X SMA Negeri 4 Malang tahun ajaran 2006/2007 / Ivana Rahmah - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara kemampuan matematika dan motivasi belajar dengan prestasi belajar fisika siswa kelas X SMA Negeri 4 Malang tahun ajaran 2006/2007 / Ivana Rahmah

Ivana Rahmah (2009) Hubungan antara kemampuan matematika dan motivasi belajar dengan prestasi belajar fisika siswa kelas X SMA Negeri 4 Malang tahun ajaran 2006/2007 / Ivana Rahmah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Beberapa referensi dan penelitian menyatakan bahwa motivasi merupakan faktor yang penting untuk mendukung pencapaian prestasi belajar. Siswa yang mempunyai motivasi belajar tinggi akan mudah untuk mencapai prestasi belajar yang bagus. Keadaan ini berbeda dengan yang terjadi di SMA Negeri 4 Malang. Saat observasi dijumpai beberapa kasus yang kurang mendukung hasil penelitian tersebut. Siswa yang mempunyai motivasi tinggi prestasi belajar fisika yang diperoleh justru kurang bagus. Oleh karena itu dicoba untuk mencari faktor lain yang cukup dominan yang mempengaruhi prestasi belajar fisika. Merujuk pada hakekat fisika yang hampir semua materi fisika memerlukan dasar-dasar matematika sebagai alat bantu untuk memahami konsep fisika maka dianggap bahwa faktor lain yang mempengaruhi prestasi belajar fisika adalah kemampuan matematika yang dimiliki oleh siswa. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui manakah yang memberikan sumbangan lebih besar antara kemampuan matematika dan motivasi belajar dengan prestasi belajar fisika siswa kelas X SMA Negeri 4 Malang tahun ajaran 2006/2007. Penelitian ini merupakan penelitian expost facto. Variabel yang terlibat dalam penelitian ini adalah kemampuan matematika dan motivasi belajar sebagai variabel bebas serta prestasi belajar fisika sebagai variabel terikat. Sebagai populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 4 Malang yang berjumlah 6 kelas. Kelas sampel diambil secara acak yaitu kelas X-1 X-2 dan X-3 yang berjumlah 132 siswa. Instrumen yang digunakan adalah angket motivasi belajar dengan bentuk skala likert dan soal tes prestasi belajar fisika dengan bentuk soal pilihan ganda. Data kemampuan matematika diambil dari nilai Ujian Akhir Nasional (UAN) matematika SMP. Analisis data menggunakan analisis regresi berganda. Dari hasil penelitian didapatkan nilai R2 sebesar 0.12. Hal ini berarti prestasi belajar fisika siswa kelas X SMA Negeri 4 Malang dipengaruhi oleh kemampuan matematika dan motivasi belajar sebesar 12 %. Dari nilai Sumbangan Efektif (SE) dan Sumbangan Relatif (SR) dapat diketahui variabel bebas mana yang lebih berpengaruh terhadap variabel terikat. Nilai SE dan SR motivasi belajar masing-masing sebesar 7.22 %dan 62.25 % yang lebih besar dari nilai SE dan SR kemampuan matematika masing-masing besarnya 4.38 % dan 37.75 %. Hal ini berarti motivasi belajar lebih berpengaruh daripada kemampuan matematika terhadap prestasi belajar fisika siswa kelas X SMA Negeri 4 Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 16 Jan 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/17949

Actions (login required)

View Item View Item