Perbedaan prestasi belajar, motivasi belajar dan sikap belajar pada pelajaran fisika pokok bahasan tata surya dengan pembelajaran kooperatif model jigsaw dan pembelajaran konvensional di SMA Negeri 1 Pagak Kabupaten Malang / Rizni Awalliah - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan prestasi belajar, motivasi belajar dan sikap belajar pada pelajaran fisika pokok bahasan tata surya dengan pembelajaran kooperatif model jigsaw dan pembelajaran konvensional di SMA Negeri 1 Pagak Kabupaten Malang / Rizni Awalliah

Rizni Awalliah (2009) Perbedaan prestasi belajar, motivasi belajar dan sikap belajar pada pelajaran fisika pokok bahasan tata surya dengan pembelajaran kooperatif model jigsaw dan pembelajaran konvensional di SMA Negeri 1 Pagak Kabupaten Malang / Rizni Awalliah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran kooperatif adalah pembelajaran yang menekankan adanya kerjasama antar siswa dalam satu kelompok saling mengembangkan pikiran dan bertanggung jawab terhadap pencapaian hasil belajar secara individu maupun kelompok. Salah satu model pembelajaran kooperatif adalah model JIGSAW. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen bertujuan untuk mengetahui ada perbedaan yang signifikansi antara prestasi belajar motivasi belajar dan sikap belajar antara pembelajaran kooperatif model jigsaw dengan pembelajaran konvensional siswa kelas X SMA Negeri 1 Pagak. Rancangan penelitian ini menggunakan eksperimen semu dengan subyek penelitian adalah kelas X-A dengan jumlah siswa 38 orang dan kelas X-C dengan jumlah siswa 38 orang. Kelas X-A sebagai kelas kontrol yang diajar dengan metode konvensional sedangkan kelas X-C sebagai kelas eksperimen yang diajar dengan pembelajaran kooperatif model jigsaw. Penelitian ini dilaksanakan bulan Desember 2005 sampai Januari 2006. Prosedur pengumpulan data penelitian ini adalah (1) Data prestasi belajar dengan pengajaran kooperatif model jigsaw dan pengajaran konvensional melalui pretest dan postest (2) Data motivasi belajar dengan pengajaran kooperatif model jigsaw dan pengajaran konvensional melalui angket motivasi yaitu diberikan pada awal pengajaran dan akhir pengajaran dan (3) Data sikap belajar dengan pengajaran kooperatif dan pengajaran konvensional melalui angket. Hasil penelitian ini menunjukkan ada perbedaan prestasi belajar motivasi belajar dan sikap belajar fisika antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Pembelajaran kooperatif model jigsaw dapat digunakan sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran fisika karena dapat meningkatkan prestasi belajar motivasi belajar dan sikap belajar terhadap pelajaran fisika.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/17947

Actions (login required)

View Item View Item