Penerapan pendekatan contextual teaching and learning model inkuiri untuk meningkatkan prestasi belajar fisika dan keterampilan proses siswa kelas VIIIA di SMP Hasanuddin Wajak / Nur Cholifah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pendekatan contextual teaching and learning model inkuiri untuk meningkatkan prestasi belajar fisika dan keterampilan proses siswa kelas VIIIA di SMP Hasanuddin Wajak / Nur Cholifah

Nur Cholifah (2009) Penerapan pendekatan contextual teaching and learning model inkuiri untuk meningkatkan prestasi belajar fisika dan keterampilan proses siswa kelas VIIIA di SMP Hasanuddin Wajak / Nur Cholifah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru fisika SMP Hasanuddin Wajak menunjukkan bahwa selama proses pembelajaran guru hanya menggunakan meto-de ceramah dan pemberian tugas. Hal itu menyebabkan siswa hanya sebagai penerima informasi dan siswa menjadi pasif serta kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran. Siswa kurang terampil dalam menggunakan alat-alat percobaan dan melakukan percoba-an. Oleh sebab itu prestasi belajar fisika siswa sangat rendah. Pemilihan model pembela-jaran merupakan hal yang penting untuk menentukan kualitas pembelajaran. Model pem-belajaran yang dipilih untuk memperbaiki proses dan hasil pembelajaran adalah pembe-lajaran kontekstual model inkuiri. Melalaui pembelajaran kontekstual model inkuiri diha-rapkan mampu menghasilkan pembelajaran yang bermakna dan siswa belajar secara ala-miah melalui belajar dan bekerja (Learning by doing). Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana mengembangkan pembelajaran kontekstual model inkuiri dalam meningkatkan prestasi belajar fisika dan kemampuan keterampilan proses siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan tindakan berupa penerapan pembelajaran kontekstual model inkuiri yang terdiri dari 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan pelaksanaan tindakan observasi dan reflek-si. Penelitian ini dilakukan di SMP Hasanuddin Wajak Malang dengan subjek penelitian siswa kelas VIIIA dengan jumlah 32 anak. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah prestasi belajar dan kemampuan keterampilan proses. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu tes dan pedoman observasi kemampuan keterampilan proses. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah observasi wawancara dan tes. Teknik analisis yang digunakan adalah reduksi data paparan data verifikasi penarikan kesimpulan dan refleksi.Peningkatan prestasi belajar dan kemampuan keterampilan proses yang dica-pai siswa diperoleh dengan membandingkan hasil tes dan lembar observasi pada siklus 1 dan siklus 2.Tindakan yang dilakukan dalam siklus 1 dan siklus 2 adalah menerapkan pem-belajaran kontekstual model inkuiri. Hasil analisis pada siklus I dan siklus II menunjukkan prestasi belajar dan ke-mampuan keterampilan proses siswa kelas VIIIA SMP Hasanuddin Wajak mengalami peningkatan. Peningkatan prestasi belajar pada siklus I dan siklus II adalah 3 12. Berda-sarkan gain score yang diperoleh pada siklus 1 sebesar 0 34 dan siklus 2 sebesar 0 45 maka peningkatan prestasi belajar siswa berada dalam katergori medium. Sedangkan kemampuan keterampilan proses diperoleh peningkatan sebesar 8 43 %. Hal ini menun-jukkan bahwa pembelajaran kontekstual model inkuiri kontekstual model inkuiri mampu membangkitkan minat dan perhatian siswa serta lebih aktif dalam belajar fisika.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Jan 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/17946

Actions (login required)

View Item View Item