Penerapan pembelajaran kooperatif model STAD (Student Teams-Achievement Divisions) untuk meningkatkan proses dan hasil belajar siswa pada materi tata surya kelas X-2 di SMA Wahid Hasyim Malang tahun ajaran 2006/2007 / Linda Setiawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif model STAD (Student Teams-Achievement Divisions) untuk meningkatkan proses dan hasil belajar siswa pada materi tata surya kelas X-2 di SMA Wahid Hasyim Malang tahun ajaran 2006/2007 / Linda Setiawati

Linda Setiawati (2009) Penerapan pembelajaran kooperatif model STAD (Student Teams-Achievement Divisions) untuk meningkatkan proses dan hasil belajar siswa pada materi tata surya kelas X-2 di SMA Wahid Hasyim Malang tahun ajaran 2006/2007 / Linda Setiawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berdasarkan hasil wawancara dan observasi langsung diketahui bahwa hasil belajar siswa X-2 SMA Wahid Hasyim Malang cukup rendah. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata kelas X-2 untuk mata pelajaran Fisika sebesar 35 6. Hasil belajar yang rendah ini disebabkan oleh beberapa faktor antara lain model pembelajaran yang digunakan oleh guru masih tradisional atau menggunakan metode ceramah. Metode ini membentuk siswa menjadi pasif dan tidak memberikan cukup ruang pada siswa untuk berkreativitas. Selain itu minat siswa untuk mengikuti proses pembelajaran masih rendah. Pada saat proses belajar mengajar siswa sering tidak memperhatikan penjelasan guru mereka mengobrol dengan teman sebangku atau bermain game. Berdasarkan permasalahan di atas maka peneliti menerapkan model pembelajaran baru yaitu STAD (Student Teams-Achievement Divisions). STAD merupakan salah satu model pembelajaran kooperatif yang dapat melatih siswa untuk bekerja sama dan memungkinkan siswa untuk lebih aktif dalam proses pembelajaran misalnya siswa aktif bertanya mengerjakan LKS dan tugas yang lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Meningkatkan proses belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran STAD (2) Meningkatkan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran STAD. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Dalam penelitian tindakan kelas ini peneliti terlibat langsung dalam seluruh proses penelitian mulai dari perencanaan pelaksanaan hingga pelaporan data. Kegiatan pembelajaran terdiri dari 2 siklus setiap siklus terdiri dari kegiatan perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Pengambilan data dilaksanakan dengan observasi tes tulis dan angket. Penelitian dilaksanakan di kelas X-2 SMA Wahid Hasyim Malang dengan jumlah siswa 26 orang pada materi pokok Tata Surya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses belajar siswa mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari presentase ketercapaian aktivitas siswa pada siklus I untuk tolok ukur B (baik) mencapai 22.31% meningkat menjadi 59.23% pada siklus II. Peningkatan juga terjadi pada hasil belajar yang terdiri dari aspek kognitif dan aspek afektif. Peningkatan aspek kognitif dilihat dari nilai tes akhir siklus dan LKS. Pada siklus I nilai tes akhir siklus I dan LKS masing-masing 40.2 dan 77.9 sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 51.54 dan 82.24. Nilai afektif siswa juga meningkat dari 78.9 menjadi 82.02.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/17944

Actions (login required)

View Item View Item