Implementasi pembelajaran konstruktivis model siklus belajar untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan prestasi belajar fisika siswa kelas XI IPA-4 SMAN 8 Malang tahun ajaran 2006/2007 / Utaminingsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi pembelajaran konstruktivis model siklus belajar untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan prestasi belajar fisika siswa kelas XI IPA-4 SMAN 8 Malang tahun ajaran 2006/2007 / Utaminingsih

Utaminingsih (2009) Implementasi pembelajaran konstruktivis model siklus belajar untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan prestasi belajar fisika siswa kelas XI IPA-4 SMAN 8 Malang tahun ajaran 2006/2007 / Utaminingsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berdasarkan pengamatan di kelas XI IPA-4 5 dan 6 SMAN 8 Malang tahun ajaran 2005-2006 tampak bahwa selama proses pembelajaran fisika berlangsung suasana kelas terkesan sepi siswa pasif tidak dapat menafsirkan grafik dan menarik kesimpulan dari hasil percobaan serta banyak siswa yang salah dalam mengerjakan soal. Hal ini mengindikasikan keterampilan proses sains siswa rendah. Keadaan ini secara umum ditemukan pada ketiga kelas yang diamati namun yang paling parah adalah kelas XI IPA-4. Dari hasil ulangan materi kinematika gerak nilai rata-rata kelas XI IPA-4 paling rendah yaitu 5 49 sedangkan kelas lain 5 94 dan 6 03. Nilai yang diperoleh siswa kelas XI IPA-4 ini mengindikasikan bahwa prestasi belajar fisika siswa rendah. Rendahnya keterampilan proses sains dan prestasi belajar fisika di kelas XI IPA-4 ini diatasi dengan mengubah model pembelajaran yang digunakan dari pembelajaran konvensional menjadi pembelajaran konstruktivis model siklus belajar. Model siklus belajar yang digunakan memiliki tiga tahap yang membentuk fondasi untuk pengurutan pelajaran sains yaitu eksplorasi (menggali pengetahuan awal siswa melalui inkuiri) invensi (pengenalan konsep) dan aplikasi (penerapan dan pengembangan konsep). Dampak pembelajaran model siklus belajar terhadap peningkatan keterampilan proses sains dan prestasi belajar fisika siswa diteliti dengan melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Siklus I materi gesekan dan siklus II materi elastisitas bahan dan gaya pegas. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah skenario pembelajaran LKS dan media pembelajaran. Adapun instrumen yang dikembangkan dalam penelitian ini yaitu lembar observasi keterampilan proses sains tes prestasi berbentuk soal obyektif lembar observasi pelaksanaan pembelajaran siklus belajar dan angket respon siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu terjadi peningkatan aspek keterampilan proses sains siswa pada siklus I dan siklus II. Prestasi belajar fisika siswa juga mengalami peningkatan sebesar 3 07 pada siklus I dan 3 48 pada siklus II.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/17940

Actions (login required)

View Item View Item