Kajian pembelajaran kelompok dengan pola kooperatif berbasis teori konstruktivisme terhadap penguasaan konsep fisika siswa kelas X SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang tahun pelajaran 2005-2006 / Yunita Kurniasih - Repositori Universitas Negeri Malang

Kajian pembelajaran kelompok dengan pola kooperatif berbasis teori konstruktivisme terhadap penguasaan konsep fisika siswa kelas X SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang tahun pelajaran 2005-2006 / Yunita Kurniasih

Yunita Kurniasih (2009) Kajian pembelajaran kelompok dengan pola kooperatif berbasis teori konstruktivisme terhadap penguasaan konsep fisika siswa kelas X SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang tahun pelajaran 2005-2006 / Yunita Kurniasih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Salah satu upaya peningkatan kualitas pendidikan adalah melalui perubahan/perbaikan dalam model pembelajarannya. Pembelajaran fisika hendaknya membuat siswa aktif dan senang mengikuti pembelajaran sehingga dapat mengoptimalkan potensi dalam siswa dan meningkatkan hasil belajar. Menurut Nurhadi (2004) salah satu pembelajaran yang dapat diterapkan adalah pembelajaran kontekstual suatu pembelajaran yang dikaitkan dengan konteks dimana siswa berada dan salah satu fokus dari pembelajaran kontekstual adalah pembelajaran secara kooperatif dalam kelompok sedangkan pembelajaran kelompok yang dilakukan selama ini adalah pembelajaran kelompok secara acak tanpa pola. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penguasaan konsep fisika siswa yang diajar dengan pembelajaran kelompok pola kooperatif lebih baik daripada siswa yang diajar dengan pembelajaran kelompok pola acak. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan model randomized control-group pretest-postest design. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Laboratorium UM semester 2 tahun pelajaran 2005-2006 yang terdiri dari lima kelas kemudian diambil sampel secara acak dengan cara diundi. Kelas yang terpilih yaitu kelas X5 sebagai kelompok eksperimen dan kelas X1 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian ini antara lain berupa tes obyektif pilihan ganda LKS dan instrumen pengamatan. Kedua kelompok diberi pretes untuk mengetahui kemampuan awal fisika. Kelompok eksperimen diajar dengan pembelajaran kelompok pola kooperatif sedangkan kelompok kontrol diajar dengan pembelajaran kelompok pola acak. Kedua kelompok juga diberi postes untuk mengetahui kemampuan akhir fisika. Analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah uji-t dari gain score siswa dengan bantuan SPSS 12.00. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh thitung 3 308 lebih besar ttabel 1 67 (taraf signifikansi 5%). Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan penguasaan konsep fisika antara siswa yang diajar dengan pembelajaran kelompok pola kooperatif dengan siswa yang diajar dengan pembelajaran kelompok pola acak. Jadi dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kelompok pola kooperatif lebih baik daripada siswa yang diajar dengan pembelajaran kelompok pola acak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/17939

Actions (login required)

View Item View Item