Ria Wulandari (2009) Upaya meningkatkan kerja ilmiah dan kemampuan kognitif melalui pembelajaran menggunakan modul berbasis siklus belajar 5E pada pokok bahasan zat dan wujudnya di SMPN 4 Malang / Ria Wulandari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Berdasarkan observasi diketahui bahwa sebagian siswa hanya aktif mendengarkan tanpa bertindak enggan bertanya kurang mampu mengaplikasikan konsep-konsep fisika dalam kehidupan sehari-hari rendahnya nilai bidang studi fisika dan kurang mampu dalam melakukan percobaan. Ketidakmampuan dalam melakukan percobaan disebabkan siswa belum terbiasa melakukan percobaan karena baru masuk SMP kurang memahami petunjuk percobaan dan tidak serius melakukan percobaan sehingga mengakibatkan rendahnya kerja ilmiah siswa. Pembelajaran menggunakan modul berbasis siklus belajar 5E merupakan pembelajaran yang dapat melibatkan secara aktif siswa pada setiap fase pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kerja ilmiah dan kemampuan kognitif siswa melalui pembelajaran menggunakan modul berbasis siklus belajar 5E. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-C SMPN 4 Malang tahun ajaran 2006/2007 yang berjumlah 43 orang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Tiap satu siklus terdiri dari empat tahap yaitu rencana tindakan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedoman observasi pembelajaran menggunakan modul tes yang meliputi ulangan harian awal ulangan harian akhir pre-test post-test dan lembar observasi kerja ilmiah. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis gain score untuk kemampuan kognitif sedangkan analisis kerja ilmiah dan keterlaksanaan pembelajaran menggunakan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan modul berbasis siklus belajar 5E dapat meningkatkan kerja ilmiah dan kemampuan kognitif siswa yang ditunjukkan oleh peningkatan persentase seluruh aspek kerja ilmiah yang diamati. Pembelajaran menggunakan modul yang dilaksanakan di SMPN 4 Malang dapat berlangsung dengan baik. Hal ini dapat terlihat dari peningkatan persentase yang terjadi. Persentase tahapan pembelajaran mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 14 1%. Kerja ilmiah yang diamati mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 22 3%. Kemampuan kognitif mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II walaupun peningkatannya sangat kecil dan berada pada kriteria sedang. Kemampuan kognitif pada siklus I didapatkan hasil gain score 0 32 dan gain score 0 34 pada siklus II.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 12 Jun 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/17938 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |