Penerapan pembelajaran kooperatif model STAD (Student Teams Achievement Divisions) untuk meningkatkan prestasi belajar dan minat belajar fisika siswa kelas X-2 SMA Wahid Hasyim Malang tahun ajaran 2006/2007 / Dina Prihartanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif model STAD (Student Teams Achievement Divisions) untuk meningkatkan prestasi belajar dan minat belajar fisika siswa kelas X-2 SMA Wahid Hasyim Malang tahun ajaran 2006/2007 / Dina Prihartanti

Dina Prihartanti (2009) Penerapan pembelajaran kooperatif model STAD (Student Teams Achievement Divisions) untuk meningkatkan prestasi belajar dan minat belajar fisika siswa kelas X-2 SMA Wahid Hasyim Malang tahun ajaran 2006/2007 / Dina Prihartanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Peningkatan mutu pendidikan dapat dilakukan dengan penerapan berbagai macam strategi pembelajaran di antaranya dengan penerapan model pembela ja ran. Selama ini sebagian besar sekolah masih menggunakan metode ceramah ter masuk di SMA Wahid Hasyim sehingga siswa hanya pasif mendengarkan penje lasan guru. Kondisi seperti ini bermakna bahwa kegiatan belajar siswa hanya men dengarkan padahal inti belajar adalah proses pencarian dan pemahaman. Da ri data hasil prestasi siswa terlihat bahwa nilai rata-rata kelas masih rendah yaitu 35 6 dari rentang nilai 0 sampai 100. Pada kegiatan diskusi guru sering mening galkan kelas sehingga siswa kurang terbimbing hanya beberapa siswa saja yang mengerjakan sebagian sibuk sendiri atau bahkan keluar kelas. Kegiatan pembe lajaran selalu dilaksanakan tepat waktu tetapi masih ada siswa yang datang ter lam bat atau bahkan selalu ada siswa yang absen tanpa surat keterangan. Hal inilah yang menunjukkan rendahnya minat belajar di SMA Wahid Hasyim. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan untuk meningkatkan prestasi dan minat siswa adalah model pembelajaran STAD (Student Teams-Achievement Divisions). Oleh karena itu dilakukan penelitian yang bertujuan untuk 1) menge tahui penerapan pembelajaran kooperatif model STAD untuk meningkatkan pres tasi belajar siswa kelas X-2 SMA Wahid Hasyim Malang 2) mengetahui penera pan pembelajaran kooperatif model STAD untuk meningkatkan minat belajar sis wa kelas X-2 SMA Wahid Hasyim Malang. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Kegiatan pembelajaran terdiri dari 2 siklus setiap siklus terdiri dari kegiatan perencanaan pelaksanaan obser vasi dan refleksi. Untuk memperoleh data yang diperlukan dalam penelitian maka dilakukan pengembangan instrumen penelitian. Instrumen yang digunakan antara lain lembar kerja siswa format observasi keterlaksanaan pembelajaran model STAD format observasi peningkatan minat belajar siswa dokumen data soal pre-test dan postest serta angket. Pengambilan data dilaksanakan dengan wawancara observasi penyebaran angket dan tes tulis. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X-2 SMA Wahid Hasyim Malang dengan jumlah siswa 26 orang pada materi pokok tata surya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran STAD dapat ter-laksana dengan cukup baik hal ini terlihat pada keberhasilan tahap dis kusi kelom-pok yang merupakan inti dari serangkaian pembelaja ran STAD. Pada siklus I sis-wa masih kurang aktif dalam berdiskusi sebagian be sar masih menger jakan sendi ri tanpa bertukar pendapat dengan teman dalam ke lom poknya atau mes kipun ber-diskusi mereka berdiskusi secara bersama-sama sehingga hanya sis wa tertentu sa ja yang mengungkapkan pendapat. Sedang kan pada siklus II sudah terjadi pening-katan ke aktifan berdiskusi siswa yang se be lum nya masih diam su dah mulai bera ni meng ungkapkan pendapat. Pada awalnya siswa berdiskusi bersama-sama su dah mu lai dilakukan secara dua-dua seperti yang diinstruksikan oleh guru. Pe ning kat an prestasi belajar siswa cukup baik hal ini terlihat dari skor peningkatan pre test dan postest pada siklus I skor pretest rata-rata kelas sebesar 24 17 dan postest sebesar 40 18. sedangkan pada siklus II skor pretest rata-rata kelas sebesar 39 64 dan postest sebesar 50 17. Peningkatan minat belajar siswa sudah cukup baik dari aspek keaktifan ber diskusi dan aspek kerja sama kelompok sedangkan dari aspek kehadiran masih kurang. Keaktifan berdiskusi siswa pada siklus I menunjukkan persentase sebesar 50% sedangkan pada siklus II sebesar 96%. Kerja sama kelompok pada siklus II cukup baik dibandingkan siklus I hal ini terlihat dari sikap tanggap anggota ke-lom pok untuk menyelesaikan lembar diskusi dengan mencari informasi dari ber-bagai buku penunjang. Dari hasil angket persentase rata-rata minat belajar fisika meningkat sebesar 5 78% dari siklus I ke si klus II. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan pem-belajaran model STAD di SMA Wahid Hasyim Malang sudah terlaksana cukup baik dengan peningkatan prestasi dan minat belajar siswa yang cukup baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/17937

Actions (login required)

View Item View Item