Penerapan the 5e learning cycle model pada pembelajaran fisika untuk meningkatkan kemampuan bertanya guru dan hasil belajar siswa kelas VII-A SMP Negeri 4 Malang / Chandra Sundaygara - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan the 5e learning cycle model pada pembelajaran fisika untuk meningkatkan kemampuan bertanya guru dan hasil belajar siswa kelas VII-A SMP Negeri 4 Malang / Chandra Sundaygara

Chandra Sundaygara (2009) Penerapan the 5e learning cycle model pada pembelajaran fisika untuk meningkatkan kemampuan bertanya guru dan hasil belajar siswa kelas VII-A SMP Negeri 4 Malang / Chandra Sundaygara. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Hasil wawancara dengan guru fisika di SMP Negeri 4 Malang dan observasi kelas menunjukkan bahwa pembelajaran yang berlangsung di kelas masih menggunakan metode ceramah dan demonstrasi sedangkan metode percobaan jarang dilakukan. Disamping itu pertanyaan yang diajukan oleh guru masih pada tingkat mengingat (C1) Akibatnya siswa menjadi pasif dan kemampuan berfikir siswa tidak berkembang. Peningkatan aktivitas siswa dapat dilakukan dengan percobaan dan mengajukan pertanyaan. Untuk itu diperlukan penerapan model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan bertanya guru dan mengaktifkan siswa. Model pembelajaran yang dimaksud adalah pembelajaran fisika dengan penerapan The 5E Learning Cycle Model. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan bertanya guru dan hasil belajar siswa kelas VII-A SMP Negeri 4 Malang melalui penerapan The 5E Learning Cycle Model pada pembelajaran fisika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dirancang dalam dua siklus kegiatan. Subyek dalam penelitian ini adalah 42 siswa kelas VII-A dan guru fisika kelas VII-A SMP Negeri 4 Malang. Penelitian dilaksanakan pada semester II tahun pelajaran 2006/2007 dengan pokok bahasan pesawat sederhana sub pokok bahasan bidang miring dan katrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi wawancara tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah persentase peningkatan skor hasil kemampuan bertanya tiap pertemuan persentase peningkatan kemampuan bekerja ilmiah dan analisis gain score ternormalisasi untuk pemahaman konsep. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I dan II secara umum kemampuan bertanya guru dan hasil belajar siswa kelas VII-A SMP Negeri 4 Malang selama proses pembelajaran mengalami peningkatan. Indikator peningkatan kemampuan bertanya guru ditunjukkan oleh persentase peningkatan kemampuan bertanya guru dari tingkat bertanya C1 (40%) C2 (45%) dan C3 (15%) pada siklus I menjadi C1 (27 8%) C2 (44 4%) dan C3 (27 8%) pada siklus II. Sedangkan indikator peningkatan hasil belajar ditunjukkan oleh persentase rerata nilai kemampuan bekerja ilmiah secara umum meningkat dari 82 8% pada siklus I menjadi 92 9% pada siklus II dan untuk pemahaman konsep ditunjukkan oleh peningkatan gain score dari 0 2 pada siklus I menjadi 0 5 pada siklus II.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Jan 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/17934

Actions (login required)

View Item View Item