Penerapan pembelajaran kontekstual (Contextual Teaching and Learning) dengan model siklus belajar untuk meningkatkan prestasi belajar dan kemampuan kerja ilmiah siswa kelas VIII-A SMP Dharma Wanita Unibraw Malang / Ujianti Suprobo - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kontekstual (Contextual Teaching and Learning) dengan model siklus belajar untuk meningkatkan prestasi belajar dan kemampuan kerja ilmiah siswa kelas VIII-A SMP Dharma Wanita Unibraw Malang / Ujianti Suprobo

Ujianti Suprobo (2009) Penerapan pembelajaran kontekstual (Contextual Teaching and Learning) dengan model siklus belajar untuk meningkatkan prestasi belajar dan kemampuan kerja ilmiah siswa kelas VIII-A SMP Dharma Wanita Unibraw Malang / Ujianti Suprobo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berdasarkan hasil wawancara dengan guru fisika SMP Dharma Wanita Unibraw Malang menunjukkan bahwa selama proses pembelajaran guru hanya menggunakan metode ceramah. Hasil observasi juga menunjukkan bahwa metode eksperimen jarang dilakukan. Hal itu menyebabkan siswa hanya sebagai penerima informasi dan siswa menjadi pasif serta kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran. Siswa kurang terampil dalam menggunakan alat-alat percobaan dan melakukan percobaan. Prestasi belajar siswa juga sangat rendah serta jumlah siswa yang tuntas belajar hanya 34 5% dari 29 siswa. Ketuntasan belajar siswa didasarkan pada Standar Kelulusan Minimal (SKM) yang telah ditetapkan oleh sekolah yaitu 60. Pemilihan model pembelajaran merupakan hal yang penting untuk menentukan kualitas pembelajaran. Model pembelajaran yang dipilih untuk menumbuhkan keaktifan siswa adalah pembelajaran dengan pendekatan kontekstual model siklus belajar. Pendekatan kontekstual diharapkan mampu menghasilkan pembelajaran yang lebih bermakna dan siswa belajar secara alamiah melalui bekerja dan belajar. Berdasarkan berbagai permasalahan tersebut guru dan peneliti sepakat untuk menggunakan metode siklus belajar dengan 4 tahapan yaitu eksplorasi eksplanasi ekspansi dan evaluasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Penelitian ini dilakukan di SMP Dharma Wanita Unibraw Malang dengan subyek penelitian kelas VIII-A. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah prestasi belajar dan kemampuan kerja ilmiah. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu tes dan pedoman observasi. Prosedur pengumpulan data penelitian ini adalah wawancara observasi dan tes. Teknik analisis yang digunakan adalah reduksi data paparan data verifikasi penarikan kesimpulan dan refleksi. Ketercapaian hasil prestasi belajar dan kemampuan kerja ilmiah siswa dianalisis dengan menggunakan persentase. Hasil analisis pada siklus I dan siklus II menunjukkan prestasi belajar dan kemampuan kerja ilmiah siswa kelas VIII-A SMP Dharma Wanita Unibraw Malang mengalami peningkatan. Peningkatan prestasi belajar pada siklus I dan siklus II adalah 13 9% sedangkan kemampuan kerja ilmiah diperoleh peningkatan sebesar 5 1%. Peningkatan kemampuan kerja ilmiah belum maksimal karena aspek pengembangan kretivitas dan pemecahan masalah mengalami penurunan skor. Meskipun demikian penerapan pembelajaran kontekstual dengan model siklus belajar mampu meningkatkan prestasi belajar dan kemampuan kerja ilmah siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 16 Jan 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/17931

Actions (login required)

View Item View Item