Penerapan pembelajaran fisika berbasis inkuiri dengan siklus belajar 5E untuk meningkatkan kemampuan bertanya guru dan hasil belajar siswa kelas X-2 SMA Laboratorium UM / Anita Purwantini - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran fisika berbasis inkuiri dengan siklus belajar 5E untuk meningkatkan kemampuan bertanya guru dan hasil belajar siswa kelas X-2 SMA Laboratorium UM / Anita Purwantini

Anita Purwantini (2009) Penerapan pembelajaran fisika berbasis inkuiri dengan siklus belajar 5E untuk meningkatkan kemampuan bertanya guru dan hasil belajar siswa kelas X-2 SMA Laboratorium UM / Anita Purwantini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berdasarkan hasil observasi awal pembelajaran fisika di SMA Laboratorium UM masih didominasi oleh metode ceramah dimana guru hanya aktif menyampaikan informasi. Hal ini dapat mengakibatkan siswa cenderung pasif. Salah satu cara yang dapat meningkatkan keaktifan siswa adalah melalui pertanyaan. Guru harus mampu mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang dapat memancing rasa ingin tahu siswa sehingga siswa akan lebih aktif berpikir selama pembelajaran berlangsung. Pembelajaran fisika berbasis inkuiri dengan siklus belajar 5E merupakan metode pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan bertanya khususnya bagi guru dalam rangka meningkatkan kemampuan berpikir dan keaktifan siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan bertanya guru dan hasil belajar siswa melalui penerapan pembelajaran fisika berbasis inkuiri dengan siklus belajar 5E. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus dan masing-masing siklus terdiri dari perencanaan tindakan pelaksanaan tindakan serta analisis dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X-2 SMA Laboratorium UM tahun ajaran 2006/2007 berjumlah 39 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis gain score ternormalisasi untuk hasil belajar siswa aspek kognitif sedangkan analisis hasil belajar aspek afektif psikomotorik kemampuan bertanya guru dan keterlaksanaan pembelajaran menggunakan persentase. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal pre-test dan post-test pedoman observasi kemampuan bertanya guru pedoman observasi hasil belajar siswa aspek psikomotorik dan aspek afektif pedoman observasi model siklus belajar 5 E dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis inkuiri dengan siklus belajar 5E dapat meningkatkan kemampuan bertanya guru yang ditunjukkan dengan adanya peningkatan persentase kualitas pertanyaan guru dan hasil belajar siswa khususnya aspek kognitif dan aspek afektif. Ditinjau dari segi kualitas kemampuan guru mengajukan pertanyaan kategori pengetahuan mengalami penurunan dari 75% menjadi 18 42%. Pertanyaan dengan kategori pemahaman meningkat dari 15 63% menjadi 31 58% kategori penerapan meningkat dari 3 13% menjadi 7 89% dan kategori analisis mengalami peningkatan dari 6 25% menjadi 42 11%.Hasil belajar siswa pada aspek kognitif mengalami peningkatan dari 0 14 menjadi 0 34 dan untuk aspek psikomotorik menurun dari 73 08% pada siklus I menjadi 68 75% pada siklus II. Hasil belajar siswa pada aspek afektif meningkat dari 70 26% menjadi 70 45%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/17930

Actions (login required)

View Item View Item