Hubungan taraf kesukaran, daya beda, dan validitas butir soal dengan panjang sampel pada instrumen evaluasi kemampuan pemahaman konsep cahaya di SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang tahun pelajaran 2005/2006 / Masrul Hidayatul Sofyan - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan taraf kesukaran, daya beda, dan validitas butir soal dengan panjang sampel pada instrumen evaluasi kemampuan pemahaman konsep cahaya di SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang tahun pelajaran 2005/2006 / Masrul Hidayatul Sofyan

Masrul Hidayatul Sofyan (2009) Hubungan taraf kesukaran, daya beda, dan validitas butir soal dengan panjang sampel pada instrumen evaluasi kemampuan pemahaman konsep cahaya di SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang tahun pelajaran 2005/2006 / Masrul Hidayatul Sofyan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Salah satu cara untuk mengukur pretasi siswa adalah dengan melaksanakan tes (Subiyanto 1988 3). Dengan demikian dalam proses pelaksanaan pembelajaran pasti tidak lepas dari pengujian atau tes yang merupakan salah satu komponen pokok dan utama terwujudnya pendidikan yang berkualitas. sebab hasil-hasil pengujian atau tes merupakan dasar dari berbagai penilaian pengambilan keputusan atau kebijakan dalam pendidikan. Karenanya ketelitian dalam penilaian merupakan permasalahan yang sangat penting dalam bidang pengujian. Hasil belajar siswa dalam kegiatan belajar mengajar perlu dievaluasi untuk mengetahui tujuan pembelajaran tercapai atau tidak. Seorang guru perlu mengetahui perkembangan yang berlangsung pada diri siswanya dalam mempelajari suatu materi pelajaran tertentu. Untuk itu guru harus mengadakan pengukuran terhadap prestasi hasil belajar yang dicapai oleh peserta didik (siswa). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hubungan antara taraf kesukaran dengan panjang sampel pada instrumen evaluasi kemampuan pemahaman konsep cahaya di SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang tahun pelajaran 2005/2006 (2) hubungan antara daya beda dengan panjang sampel pada instrumen evaluasi kemampuan pemahaman konsep cahaya di SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang tahun ajaran 2005/2006 (3) hubungan antara validitas butir soal dengan panjang sampel pada instrumen evaluasi kemampuan pemahaman konsep cahaya di SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang tahun pelajaran 2005/2006. Dalam penelitian digunakan pendekatan kuantitatif dan populasi penelitian ini adalah siswa kelas X-1 kelas X-2 kelas X-4 kelas X-5 kelas X-6 SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang tahun ajaran 2005/2006 Sedangkan sampel ini berjumlah 202 siswa yang terdiri 79 siswa laki-laki dan 123 siswa perempuan yang diambil dengan teknik sampel acak. Variabel dalam penelitian ini adalah taraf kesukaran (Y1) daya beda (Y2) validitas (Y3) dan panjang sampel (X). Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa Terdapat hubungan yang linier antara (1) jumlah butir soal yang memenuhi kriteria cukup pada taraf kesukaran dengan panjang sampel ditunjukkan dengan persamaan Y 0 02 X 1 91 dengan Y mempunyai batas maksimal 15 dan X mempunyai batas maksimal 655 (2) jumlah butir soal yang memenuhi kriteria cukup dan baik pada daya beda dengan panjang sampel ditunjukkan dengan persamaan Y 0 02 X 1 29 dengan Y mempunyai batas maksimal 15 dan X mempunyai batas maksimal 686. (3) jumlah butir soal yang memenuhi kriteria valid dengan panjang sampel ditunjukkan dengan persamaan Y 0 02X 1 06 dengan Y mempunyai batas maksimal 15 dan X mempunyai batas maksimal 697.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jan 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/17927

Actions (login required)

View Item View Item