Penerapan pembelajaran kooperatif model dua tinggal dua tamu untuk meningkatkan minat belajar fisika dan aspek kognitif siswa kelas X, SMA Wahid Hasyim Malang tahun ajaran 2006/2007 / Ratik Fitria Yulianingrum - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif model dua tinggal dua tamu untuk meningkatkan minat belajar fisika dan aspek kognitif siswa kelas X, SMA Wahid Hasyim Malang tahun ajaran 2006/2007 / Ratik Fitria Yulianingrum

Ratik Fitria Yulianingrum (2009) Penerapan pembelajaran kooperatif model dua tinggal dua tamu untuk meningkatkan minat belajar fisika dan aspek kognitif siswa kelas X, SMA Wahid Hasyim Malang tahun ajaran 2006/2007 / Ratik Fitria Yulianingrum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berdasarkan hasil wawancara dengan guru dan siswa kelas X1 yang didukung dengan tindakan observasi pendahuluan di SMA Wahid Hasyim Malang pada awal bulan Nopember 2006 terhadap proses pembelajaran fisika guru menyatakan bahwa dalam kelas tersebut terdapat suatu permasalahan dengan minat belajar fisika dan aspek kognitif siswa. Guru merasa bahwa minat dan aspek kognitif siswa masih relatif rendah. Oleh karena itu perlu diupayakan perbaikan untuk meningkatkan minat dan aspek kognitif siswa. Upaya perbaikan tersebut dilakukan dengan menerapkan suatu pembelajaran yang telah disepakati bersama dengan guru yaitu pembelajaran kooperatif model dua tinggal dua tamu. Model pembelajaran tersebut melibatkan siswa secara aktif dalam kegiatan belajar. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X1 SMA Wahid Hasyim Malang. Alat pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket lembar observasi catatan lapangan hasil wawancara dan tes. Analisis data dilakukan setiap kali tindakan dalam satu siklus berakhir. Minat dan ketercapaian pembelajaran dianalisis dengan menggunakan persentase sedangkan aspek kognitif dianalisis menggunakan gain score. Hasil dari penelitian diperoleh bahwa minat belajar fisika siswa mengalami peningkatan yang baik yaitu dari hasil observasi dan angket sebesar 76 47% menjadi 82 27%. Kemampuan kognitif siswa juga mengalami peningkatan dari rendah menuju sedang yaitu 0 2 menjadi 0 3.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Jan 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/17926

Actions (login required)

View Item View Item