Analisis perangkat evaluasi dan pemetaan salah konsep mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika FMIPA UM pada matakuliah fisika zat padat semester I tahun ajaran 2006/2007 / Ice Puspitaning Wanito - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis perangkat evaluasi dan pemetaan salah konsep mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika FMIPA UM pada matakuliah fisika zat padat semester I tahun ajaran 2006/2007 / Ice Puspitaning Wanito

Ice Puspitaning Wanito (2009) Analisis perangkat evaluasi dan pemetaan salah konsep mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika FMIPA UM pada matakuliah fisika zat padat semester I tahun ajaran 2006/2007 / Ice Puspitaning Wanito. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Prestasi belajar mahasiswa menurun saat matakuliah Fisika Zat Padat disajikan pertama kali sebagai matakuliah pilihan. Penurunan ini diduga karena bentuk evaluasi yang dilakukan selama ini yaitu menggunakan soal uraian. Salah satu cara untuk mengatasi masalah tersebut adalah dikembangkan soal berbentuk obyektif. Soal yang telah dikembangkan perlu dianalisis. Ada beberapa faktor yang harus dipenuhi oleh soal agar mempunyai kualitas bagus. Paling sedikit ada empat faktor utama yang perlu diperhatikan yaitu (1) tingkat kesukaran (2) daya beda (3) validitas dan (4) reliabilitas. Selain bentuk evaluasinya penurunan prestasi mahasiswa juga dapat disebabkan adanya salah konsep. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengukur kualitas soal yang dikembangkan dalam hal tingkat kesukaran daya beda validitas item serta reliabilitas soal (2) mengetahui pokok bahasan matakuliah Fisika Zat Padat yang mengalami persentase salah konsep terbesar pada mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Untuk analisis perangkat evaluasi obyek penelitiannya adalah perangkat evalusasi berbentuk soal obyektif. Soal yang dikembangkan ada dua jenis dengan tingkat kesulitan yang sama. Penelitian tentang salah konsep subyeknya adalah 39 mahasiswa yang mengikuti matakuliah Fisika Zat Padat. Data yang digunakan untuk mengukur kualitas soal dan mengetahui salah konsep mahasiswa adalah jawaban mahasiswa ketika mengerjakan soal tersebut. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah perangkat evaluasi berbentuk soal obyektif dan lembar jawaban mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa soal jenis pertama memiliki tingkat kesukaran butir 8 9% mudah 48 9% sedang dan 42 2% sukar daya beda 55 5% jelek 22 2% cukup 20 0% baik dan 2 2% baik sekali validitas 35 butir soal tidak valid 10 butir soal valid dan reliabilitasnya 0 813. Soal jenis kedua memiliki tingkat kesukaran butir 24 4% mudah 51 1% sedang dan 24 4% sukar daya beda 71 1% jelek 15 6% cukup 13 3% baik validitas 34 butir soal tidak valid 11 butir soal valid dan reliabilitasnya 0 722. Salah konsep terbesar mahasiswa terletak pada pokok bahasan Dinamika Kisi Kristal yaitu untuk mahasiswa yang mengerjakan soal pertama pada subpokok bahasan Getaran dalam Zat Padat sebesar 71% dan mahasiswa yang mengerjakan soal kedua pada subpokok bahasan Getaran dalam Kisi Kristal sebesar 58%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Jan 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/17925

Actions (login required)

View Item View Item