Analisis kestabilan parameter kemampuan teori respon pada ukuran sampel dengan model logistik tiga parameter dari tes pembelajaran fisika di SMA Negeri 9 Malang / Shokibul Kahfi - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kestabilan parameter kemampuan teori respon pada ukuran sampel dengan model logistik tiga parameter dari tes pembelajaran fisika di SMA Negeri 9 Malang / Shokibul Kahfi

Shokibul Kahfi (2009) Analisis kestabilan parameter kemampuan teori respon pada ukuran sampel dengan model logistik tiga parameter dari tes pembelajaran fisika di SMA Negeri 9 Malang / Shokibul Kahfi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Teori respon butir (teori tes modern) adalah teori tes yang dikembangkan untuk meningkatkan ketelitian hasil pengukuran pendidikan. Diantara model teori respon butir yang digunakan adalah model logistik tiga parameter yang menggunakan tiga parameter kemampuan yaitu indeks kesukaran butir soal indeks daya beda butir soal dan parameter pseudo guessing. Bentuk tes yang sesuai dengan model ini adalah tes pilihan ganda. Model matematis teori respon menyatakan bahwa probabilitas subyek menjawab benar terhadap butir soal tertentu bergantung pada kemampuan subyek dan karakteristik butir soal yang bersangkutan. Karakteristik butir soal ditunjukkan oleh parameter kemampuan yang digunakan dalam model teori respon itu. Untuk mengetahui sejauh mana keterterapan teori respon maka perlu diadakan pengujian terhadap parameter kemampuan yang digunakan dalam teori tersebut. Pengujian dilakukan untuk mengetahui tingkat kestabilan parameter kemampuan teori respon pada ukuran sampel. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 9 Malang tanggal 15 September sampai 10 November 2006. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif untuk mengetahui tingkat kestabilan parameter kemampuan yang berupa indeks kesukaran butir soal dan indeks daya beda butir soal pada ukuran sampel. Instrumen penelitian yang digunakan adalah 20 butir soal tes pilihan ganda. Soal diujikan kepada siswa kelas X SMA Negeri 9 Malang pada mata pelajaran fisika. Untuk mendapatkan ukuran sampel yang berbeda-beda soal diujikan pada seluruh siswa kelas X kemudian diambil secara acak 30 50 70 sampel dan seterusnya sampai 244 sampel. Analisis data hasil penelitian dilakukan dengan menggunakan uji ANOVA dengan bantuan program SPSS 11.5 for windows correlation dan Microsoft Excel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa parameter kemampuan tidak berubah pada ukuran sampel yang berbeda-beda. Dengan demikian disimpulkan bahwa parameter kemampuan teori respon tetap stabil pada ukuran sampel.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Jan 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/17924

Actions (login required)

View Item View Item