Penerapan pembelajaran fisika berbasis inkuiri dengan the 5 E learning cycle model untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII-A SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang / Lilik Rodiana - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran fisika berbasis inkuiri dengan the 5 E learning cycle model untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII-A SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang / Lilik Rodiana

Lilik Rodiana (2009) Penerapan pembelajaran fisika berbasis inkuiri dengan the 5 E learning cycle model untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII-A SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang / Lilik Rodiana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran yang masih didominasi guru dengan metode ceramah kurangnya keterlibatan siswa dalam pembelajaran rendahnya rata-rata nilai siswa dan belum tersedianya peralatan percobaan serta anggapan bahwa fisika sulit mengakibatkan hasil belajar siswa masih rendah hasil ujian yang tidak mencapai SKM juga merupakan salah satu indikator hasil belajar rendah yaitu pada aspek kognitifnya. Siswa masih menganggap bahwa pelajaran fisika adalah pelajaran sulit penuh dengan hitungan dan menghafal rumus-rumus. Oleh karena itu perlu adanya penerapan model pembelajaran yang dapat meningkatkan semangat dan melibatkan siswa dengan obyek nyata (melakukan percobaan). Model pembelajaran yang diterapkan adalah pembelajaran berbasis inkuiri dengan the 5 E Learning Cycle Model. Pembelajaran ini terdiri dari 5 tahapan yaitu pendahuluan eksplorasi eksplanasi elaborasi dan evaluasi yang setiap tahapan selalu melibatkan siswa. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar (aspek kognitif aspek afektif dan aspek psikomotorik) siswa dengan menerapkan pembelajaran berbasis inkuiri dengan the 5 E Learning Cycle Model. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII-A SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang tahun ajaran 2006/2007 berjumlah 36 siswa. Teknik analisa yang digunakan adalah analisis gain score ternormalisasi untuk hasil belajar siswa aspek kognitif sedangkan analisis hasil belajar aspek afektif dan psikomotorik menggunakan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran berbasis inkuiri dengan The 5 E Learning Cycle Model dapat meningkatkan hasil belajar siswa SMP Laboratorium UM. Berdasarkan data pada Siklus I dan Siklus II diperoleh peningkatan hasil belajar. Besar peningkatan hasil belajarnya pada aspek kognitif gain score meningkat sebesar 0 16 aspek afektif meningkat sebasar 13 % dan aspek psikomotorik meningkat sebesar 21 90%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 14 Jan 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/17923

Actions (login required)

View Item View Item